8 Manfaat Penelitian Deskriptif dan Contohnya

Diposting pada

Manfaat Penelitian Deskriptif

Istilah penelitian deskriptif sejatinya mengacu pada jenis metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan karakteristik suatu populasi ataupun fenomena yang diteliti. Sehingga sebuah desain penelitian deskriptif dapat menggunakan berbagai macam metode penelitian untuk menyelidiki satu atau lebih variabel penelitian.

Akan tetapi yang pasti, bahwa tidak seperti halnya pada penelitian eksperimental, karena dalam bentuk penelitian deskriptif keberadaan si peneliti tidak mengontrol atau memanipulasi salah satu variabel, tapi hanya mengamati dan mengukurnya. Meskipun ada kelebihan dan kekurangan yang ada dalam penelitian deskriptif tetaplah saja terdapat kegunaan yang didapatkan.

Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang menggambarkan populasi, situasi, atau fenomena yang sedang dipelajari. Sehingga metode penelitian deskriptif berfokus untuk menjawab pertanyaan penelitian yang berkaitan dengan bagaimana, apa, kapan, dan di mana, bukan mengapa.

Disisi lainnya, karakteristik dalam penelitian deskriptif sejatinya tidak memiliki kendali atas variabel, sehingga dalam penelitian deskriptif, peneliti tidak memiliki kendali atas salah satu variabel yang mempengaruhi peristiwa atau rumusan masalah yang diselidiki.

Manfaat Penelitian Deskriptif

Manfaat yang dapat diperoleh peneliti dengan melakukan penelitian deskriptif, antara lain:

  1. Membantu dalam pengambilan keputusan penting

Penelitian deskriptif melibatkan populasi dalam jumlah yang besar, sehingga data yang dikumpulkan dari penelitian ini bisa membantu dalam dalam pengambilan keputusan. Karena dengan menggunakan metode survei deskriptif, informasi statistik dan statistika dapat diperoleh, dan analisis data tersebut dapat dilakukan untuk menyimpulkan hasil yang diinginkan.

  1. Menggambarkan berbagai aspek dari suatu fenomena

Pada hakikatnya, studi deskriptif digunakan untuk menggambarkan berbagai aspek dari suatu fenomena. Dalam format populernya, penelitian deskriptif digunakan untuk menggambarkan karakteristik dan/atau perilaku dari suatu populasi penelitian.

  1. Memvalidasi kondisi yang ada

Saat kita merasa tidak yakin dengan validitas terhadap kondisi tertentu, kita bisa menggunakan penelitian deskriptif untuk memastikan pola yang mendasari objek penelitian kita. Hal tersebut dikarenakan metode penelitian deskriptif melakukan analisis mendalam terhadap setiap variabel sebelum membuat kesimpulan.

  1. Sebagai metode penelitian yang murah dan cepat

Salah satu keunggulan penelitian deskriptif dibandingkan metode penelitian lainnya adalah murah dan cepat dalam pelaksanaannya.

Kita tidak perlu memiliki tempat yang bagus yang khusus didedikasikan hanya untuk penelitian, tapi penelitian deskriptif seperti halnya penelitian observasi yaitu dapat dilakukan dalam suasana alami, dan kita dapat mendistribusikan survei kepada orang-orang secara online atau meminta mereka menjawabnya secara acak di tempat umum.

  1. Memberikan pemahaman yang lebih holistik tentang masalah penelitian

Penelitian deskriptif sejatinya dapat menyediakan data dalam bentuk penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Keragaman dari kedua bentuk data memberikan manfaat berupa pemahaman yang lebih holistik tentang masalah penelitian yang dikaji.

  1. Dapat dilakukan hanya dengan satu variabel

Salah satu karakteristik penting dari penelitian deskriptif berkaitan dengan fakta bahwa meskipun penelitian deskriptif dapat menggunakan sejumlah variabel, tapi hanya satu variabel yang diperlukan untuk melakukan penelitian deskriptif.

  1. Memungkinkan untuk merumuskan hipotesis

Penelitian deskriptif memungkinkan peneliti untuk merumuskan atau mengembangkan hipotesis atau dugaan sementara tentang objek penelitian kita. Hal tersebut disebabkan karena dalam melakukan penelitian deskriptif peneliti dapat menerapkan metode pengumpulan data primer.

  1. Mengembangkan penelitian di masa mendatang

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa seorang peneliti dapat melakukan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode tertentu seperti metode observasional, metode studi kasus, dan metode penelitian survei. Di antara ketiganya, semua metode pengumpulan data primer tercakup, yang menyediakan banyak informasi, sehingga dapat digunakan untuk dasar penelitian di masa mendatang.

Contoh Penelitian Deskriptif

Sedangkan untuk contoh penelitian deskriptif yang mudah ditemukan. Misalnya saja;

  1. Pemberdayaan Masyarakat di Desa Tulungrejo

Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri terkenal sebagai salah satu wilayah yang mandiri secara ekonomi, alasannya karena wilayah ini dikenal dengan penyebutan pusat belajar Kampung Inggris Pare. Adapun untuk menjelaskan peran maupun strategi yang dipergunakan bisa saja dalam riset ini mempergunakan metode studi kasus.

Sehingga nantinya penjelasan berdasakan dari data wawancara yang dipergunakan bisa mudah untuk dipahamkan kepada para pembaca.

Itulah saja penjelasan sekaligus pengulasan tentang adanya manfaat penelitian deskriptif dan contoh singkatnya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensi terkait dengan materinya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.