3 Perbedaan Karya Ilmiah Formal dan Non Formal Beserta Contohnya

Diposting pada

Perbedaan Karya Ilmiah Formal dan Non Formal

Diakui ataupun tidak setiap kepenulisan karya ilmiah yang baik dalam strukturnya terdapat unsur formal dan nonformal. Keduanya ini kerapkali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan untuk penulisan dalam arti makalahpun juga demikian.

Oleh karena itulah agar lebih jelasnya, dalam artikel ini sepenuhnya memberikan bahasan tentang pengertian karya ilmiah formal dan nonformal beserta dengan contohnya.

Karya Ilmiah Formal dan Non Formal

Definisi keduanya, antara lain;

  1. Pengertian Karya Ilmiah Formal

Karya ilmiah formal adalah bentuk tulisan ilmiah yang sistematika peletakan atas isi dan bahasanya senantisa memperggunakan kaidah-kaidah keilmuan dengan berdasarkan pada serangkaian kegiatan dalam bentuk ilmiah yang kaku, seperti halnya dengan penelitian lapangan, teks laporan percobaan, laboratorium, telaah buku, dan lain sebagainya.

  1. Pengertian Non Formal

Karya ilmiah nonformal adalah sintesis dari kajian yang dilakukan oleh seorang peneliti dengan adanya berbagai temuan atas adanya topik bahasan sekaligus dianalisis dengan evaluasi kritis, logis, namun kadangkala tidak sistematis sehingga adanya temuan-temuan tersebut diurutkan sesuai dengan keinginan seorang penulisanya.

Perbedaan Karya Ilmiah Formal dan Non Formal

Untuk bahasan terkait dengan beda antara karya ilmiah formal dan karya ilmiah nonformal. Antara lain;

No Perbedaan Karya Ilmiah Formal Karya Ilmiah Nonformal
1 Sistematika Ditulis dengan kaidah yang telah ditentukan untuk setiap bentuk kepenulisannya Ditentukan sesuai denga keinginan lembaga pendidikan yang menanunginya
2 Bahasa Dibuat dengan bahasa yang baku Ditulis dengan pembahasaan yang sederhana sehingga mudah daicerna oleh setiap orang
3 Kebutuhan Dibuat sebagai kebutuhan menyelesaikan akdemis Dibuat untuk keperluan tugas dan pengalaman yang dilakukan seseorang

Contoh Karya Ilmiah Formal dan Non Formal

Beragam contoh adanya kepenulisan yang termasuk dalam karya tulis ilmiah formal dan nonformal. Misalnya saja;

  1. Skripsi

Skripsi adalah karya ilmiah yang bersifat formal dengan dibuat sesuai dengan topik seseorang untuk kebutuhan penyelesaian tugas akhirnya. Prihal ini seseorang membuat skripsi sesuai dengan sistematika yang telah ditentukan oleh lembaga tertentu.

Dengan biasanya aturan formalnya yaitu berupa BAB 1 Pendahuluan, BAB 2 Tinjauan Pusataka, BAB 3 Metode Penelitian, BAB IV Hasil Penelitian dan Bahasan, serta BAB 5 yang berisi Penutup.

  1. Laporan Kegiatan Ilmiah

Laporan kegiatan ilmiah bisa termasuk dalam bagian bentuk karya tulis ilmiah nonformal yang dibuat untuk memenuhi tugas dari dosen ataupun guru. Sehingga setiap kepenulisannya sesuai dengan anjuran yang ditetapkan oleh pendidik tersebut.

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan adanya adanya perbedaan antara karya ilmiah formal dan non formal beserta dengan contoh kepenulisannya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.