3 Jenis Teknik Validasi Data dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Validasi Data dan Contohnya

Teknik validasi data adalah bagian daripada proses pengunaan analisis dalam kebenarasan hasil penelitian untuk pendekatan penelitian kualitatif. Bagian kepenulisannya sendiri menjadi bisa menjadi proses yang jauh lebih cepat dari yang kita kira terhadap topik penelitian tertentu.

Disisi lainnya, dengan penggunaan atas integrasi jenis data penelitian yang dapat menggabungkan dan mengotomatiskan proses validasi. Oleh karena itulah jenis validasi dapat diperlakukan sebagai bahan penting untuk alur kerja kita, bukan sebagai langkah tambahan.

Teknik Validasi Data

Teknik validasi data adalah bagian aktivitas pengujian yang senantisa mengacu pada aktivitas riset yang dilakukan oleh seorang peneliti terhadap objek penelitian dan subjek penelitiannya. Sehingga penjelasan ini menujukan bahwa jikalau data kita tidak akurat sejak awal, pasti hasil penelitian kita juga tidak akan akurat. Itulah mengapa data kita perlu diverifikasi dan divalidasi sebelum digunakan.

Jenis Validasi Data

Setidaknya untuk tiga tipe validasi yang paling banyak digunakan dalam penelitian kualitatif. Antara lain;

  1. Triangulasi Sumber

Triangulasi sumber merupakan teknik validasi data penelitian yang dilakukan dengan cara menguji kredibilitas data melalui pengecekan data yang diperoleh dari beberapa sumber. Contohnya saja untuk mengetahui potensi suatu obyek wisata, triangulasi sumber dapat dilakukan dengan melakukan wawancara dari masyarakat sekitar obyek wisata, wisatawan, dan dinas pariwisata di daerah terkait.

  1. Triangulasi Teknik

Triangulasi teknik merupakan teknik validasi yang dilakukan dengan cara menguji kredibilitas data melalui pengecekan data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Contohnya saja dengan melakukan triangulasi pada data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.

  1. Triangulasi Waktu

Triangulasi waktu adalah bagian teknik validasi yang dilakukan dengan cara menguji kredibilitas data dalam waktu yang berbeda. Contohnya melakukan pengecekan data melalui wawancara, observasi, atau teknik lain dalam waktu atau situasi yang berbeda.

Adapun yang perlu dipahami bahwa tipe dasar triangulasi, yaitu:

  1. Triangulasi data: melibatkan waktu, ruang, dan orang
  2. Triangulasi investigator: melibatkan banyak peneliti dalam sebuah investigasi
  3. Triangulasi teori: melibatkan penggunaan lebih dari satu skema teoritis dalam interpretasi fenomena
  4. Triangulasi metodologis: melibatkan penggunaan lebih dari satu opsi untuk mengumpulkan data, seperti wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumen.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa teknik validasi data dapat dilakukan melalui triangulasi. Dalam ilmu sosial triangulasi mengacu pada penerapan dan kombinasi beberapa metode penelitian dalam mempelajari fenomena yang sama.

Dengan menggabungkan beberapa pengamat, teori, metode, dan materi empiris, peneliti berharap dapat mengatasi kelemahan atau bias intrinsik dan masalah yang berasal dari studi metode tunggal, pengamat tunggal, dan teori tunggal.

Disisi lainnya, dengan triangulasi bukan hanya tentang validasi tetapi tentang memperdalam dan memperluas pemahaman seseorang. Oleh karena itulah dalam hal ini dapat digunakan untuk menghasilkan inovasi dalam pembingkaian konseptual. Hal ini dapat menyebabkan meta interpretasi multi perspektif.

Namun yang pastinya, triangulasi memfasilitasi validasi data melalui verifikasi silang dari lebih dari dua sumber. Ini menguji konsistensi temuan yang diperoleh melalui instrumen yang berbeda dan meningkatkan kesempatan untuk mengontrol, atau setidaknya menilai, beberapa ancaman atau penyebab ganda yang memengaruhi hasil data penelitian kita.

Sehingga terdapat beragam jenis teknik triangulasi dengan masing-masing cotnohnya, diantaranya yaitu triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Aktivitas validasi dapat menghasilkan validitas data dengan beragam jenis pula, diantaranya yaitu validitas kontruk, translasi/terjemahan, kriteria.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan macam validasi data yang sering dipergunakan dan contoh dalam penelitian. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.