Jenis Penelitian Kausal Komparatif dan Penjelasannya

Diposting pada

Jenis Penelitian Kausal Komparatif

Penelitian kausal komparatif bisa dikatakan sebagai salah satu metode penelitian yang bertujuan untuk melakukan penyelidikan terhadap kemungkinan antara hubungan sebab akibat, sehingga langkah ini tidak lagi dilakukan melalui eksperimental melainkan melalui observasi pada jenis data penelitian terhadap faktor yang diduga menjadi penyebab sebagai pembanding.

Disisi lain, dalam berbagai contoh penelitian komparatif kadangkala memiliki kelebihan dan kekurangan. Realitas ini kemudian banyak para mahasiswa/i yang skripsinya menggunakan studi komparatif kadangkala ditolak lantaran terlalu sederhana.

Penelitian Kausal Komparatif

Desain penelitian yang menggunakan metode kausal komparatif adalah langkah riset yang berusaha menemukan hubungan antara variabel independen dan dependen setelah suatu tindakan atau peristiwa telah terjadi. Sehingga tujuan penelitian kausal komparatif ini berusaha untuk membangun hubungan sebab-akibat antara dua atau lebih variabel. Sehingga si peneliti tidak menetapkan kelompok dan tidak memanipulasi variabel independen.

Jenis Penelitian Kausal Komparatif

Adapun untuk berbagai macam bentuk kausal komparatif, antara lain;

  1. Retrospektif

Dalam jenis penelitian komparatif ini, seorang peneliti sedang menyelidiki pertanyaan penelitian setelah efeknya telah terjadi. Sehingga si peneliti dalam langkahnya mempelajari bagaimana satu variabel dapat memengaruhi variabel lain.

Oleh karena itulah implementasi penggunakan jenis penelitian kausal komparatif dengan model retrospektif menjadi yang paling umum untuk ditemukan.

  1. Prospektif

Metode penelitian kausal komparatif prospektif adalah langkah riset yang dilakukan oleh para peneliti yang dengan mempelajari penyebabnya dan kemudian menyelidiki kemungkinan dampaknya yang terjadi. Awalan rencangan penelitian dalam contoh metodologi penelitian ini perlu dibuat, sebagai alasan agar riset yang dilakukan tidak menyimpang.

Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Kausal Komparatif

Prihal penggunakan metode kausal komparatif dalam penelitian setidaknya memiliki keunggulan dan juga kelemahan. Penjelasannya;

Keunggulan

Antara lain;

  1. Penggunakan metode penelitian dengan studi kausal komparatif mampu mendapatkan hasil penelitian untuk menjawab berbagai permasalahan ataupun gejala yang terjadi sehingga kemudian dapat dilakukan perbaikan-perbaikan untuk lembaga atauoun organisasi yang telah menjadi objek penelitian
  2. Penggunakan metode statistik dan statistika yang ada dalam pada akhirnya mampu menjadi sikap ilmiah yang menghasilkan data atas riset yang dilakukan.
Kelemahan

Yakni;

  1. Tidak adanya kontrol terhadap variabel bebas dalam topik penelitian, sehingga hasil penelitiannya hanya cenderung pada tema yang dikaji padahal disisi lainnya kadangkala ada faktor lainnya yang tidak bisa untuk dicermati tetapi memberikan pengaruh pada subjek penelitian
  2. Cenderung melihat pada sebab akibat pada tema penelitian. Sehingga hal ini kurang mencermati pada gejala yang mungkin mempengaruhi hasil penelitian

Nah, itulah saja artikel lengkap yang bisa kami sebutkan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam metode dalam penelitian kausal komparatif, kelebihan, serta kekurangannya. Semoga memberikan wawasan bagi semuanya yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *