Pengertian Hipotesis Kausal dan 2 Contohnya

Diposting pada

Hipotesis Kausal

Pada sebagian besar waktu, hipotesis penelitian dimulai dengan serangkaian daftar pertanyaan yang kemudian dieksplorasi melalui penelitian dengan terlebih dahulu terdapat latar belakang. Namun diakui ataupun tidak hanya pada titik inilah para peneliti mulai mengembangkan hipotesis yang dapat diuji. Salah satunya ialah hipotesis kausal.

Hipotesis kausal yang juga dikenal dalam Bahasa Inggris dengan causal hypothesis adalah bentuk hipotesis yang menyatakan hubungan satu variabel penelitian dengan metode penelitian. Sehingga riset ini pada akhirnya dipergunakan untuk menentukan apakah perubahan dalam satu variabel menyebabkan perubahan yang lain.

Pengertian Hipotesis Kausal

Hipotesis kausal adalah daftar pernyataan yang menggambarkan hubungan antara dua variabel di mana satu variabel telah terlebih dahulu menyebabkan efek tertentu pada variabel lainnya. Sehingga dalam perannya hipotesis kausal ini sendiri sebagai jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang mempertanyakan ada atau tidaknya pengaruh faktor prediktor terhadap variabel respon.

Pengertian Hipotesis Kausal Menurut Para Ahli

Adapun untuk definisi hipotesis kausal menurut para ahli, antara lain;

  1. Badan Pusat Statisti (BPS), Hipotesis kausal adalah bagian daripada adanya dugaan atas adanya jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang pada akhirnya mempertanyakan pengaruh faktor prediktor terhadap variabel respon.

Contoh Hipotesis Kausal

Contoh adanya hipotesis kausal yang mudah ditemukan. Misalnya saja;

  1. Penelitian Kesehatan

Adanya seorang peneliti akan mengkaji pengaruh KB Hormonal terhadap kejadian kanker leher rahim. Untuk rumusan masalah yang dapat dibuat oleh peneliti yaitu: “Adakah pengaruh KB Hormonal terhadap kejadian kanker leher rahim?”

Hipotesis penelitian kausal berdasakan hipotesisnya yang dapat dibuat oleh peneliti yaitu:

  • Ho: Tidak ada pengaruh KB Hormonal terhadap kejadian kanker leher Rahim
  • H1: Ada pengaruh KB Hormonal terhadap kejadian kanker leher rahim
  1. Penelitian Pemasaran

Adanya riset pasar, dimana terdapatnya peneliti ingin mengkaji pengaruh antara tingkat kesadaran dengan pengetahuan konsumen. Rumusan masalah yang dapat dibuat oleh peneliti yaitu: “Adakah pengaruh antara tingkat kesadaran dengan pengetahuan konsumen?”

Hipotesis penelitian yang dapat dibuat oleh peneliti yaitu sebagai berikut:

  • Ho: Tidak ada pengaruh antara tingkat kesadaran dengan pengetahuan konsumen
  • H1: Ada pengaruh antara tingkat kesadaran dengan pengetahuan konsumen

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan hipotesis kausal menghubungkan dua variabel yang saling berhubunga, terkecuali jika peneliti membuat studi eksplorasi, maka hipotesisnya harus selalu menjelaskan apa yang diharapkan terjadi.

Misalnya, dalam sebuah penelitian yang mengeksplorasi efek obat tertentu, hipotesisnya mungkin peneliti mengharapkan obat tersebut memiliki beberapa jenis efek pada gejala penyakit tertentu. Dalam psikologi, hipotesis mungkin berfokus pada bagaimana aspek tertentu dari lingkungan dapat mempengaruhi perilaku tertentu.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian hipotesis kausal menurut para ahli dan contohnya dalam penelitian. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.