Fungsi dan Kegunaan Analisis Diskriminan

Diposting pada

Fungsi Analisis Diskriminan

Penerapan dan penggunaan analisis diskriminan tidak akan terlepas daripada metode statistik dan statistika, khususnya langkah mediskriminan ini dilakukan dalam mencari korelasi antara variabel penelitian yang ada.

Oleh karena itulah analisis diskriminan dapat dianggap sebagai metode kalibrasi dari pengitungan untuk penelitian kuantitatif. Disisi lain, yang perlu juga diingat bahwa untuk melakukan segala jenis analisis diskriminan, seorang peneliti harus terlebih dahulu memiliki sampel dalam kelompok yang akan diteliti. Alasannya karena dilakukan guna memaksimalkan fungsinya, yaitu sebagai predikasi atas nilai tertentu.

Analisis Diskriminan

Analisis diskriminan dapat dipahami sebagai metode statistik yang menganalisis apakah klasifikasi data memadai sehubungan dengan adanya berbagai jenis data penelitian. Hal tersebut dilaksanakan oleh peneliti untuk menganalisis data pada saat adanya variabel atau kriteria dependen bersifat kategoris atau saat adanya variabel bebas atau prediktor adalah data interval.

Oleh karena itulah tujuan analisis diskriminan digambarkan dengan banyaknya kategori yang dimiliki oleh variabel terikat. Seperti dalam statistik, semuanya diasumsikan sampai tak terhingga, sehingga dalam hal ini, ketika variabel terikat memiliki dua kategori, maka jenis yang digunakan adalah analisis diskriminan dua kelompok.

Artinya, jika variabel terikat memiliki tiga atau lebih dari tiga kategori, maka jenis yang digunakan adalah analisis diskriminan berganda.

Fungsi Analisis Diskriminan

Fungsi atau manfaat yang dapat diperoleh dalam menggunakan analisis diskriminan, diantaranya;

  1. Berguna dalam menentukan variabel prediktor

Analisis diskriminan memiliki kegunaan dalam proses menentukan variabel prediktor yang dapat dikaitkan dengan mudah dengan variabel dependen. Hal ini tentusaja dapat membantu jalannya penghitungan dengan metode penelitian kuantitatif.

  1. Memprediksi nilai tertentu

Analisis diskriminan juga dapat digunakan atau dimanfaat untuk memprediksi nilai tertentu yang diberikan pada variabel dependen atau variabel terikat. Alasannya karena dengan langkah inilah riset akan sesuai dengan rumusan masalah yang telah direncanakan.

  1. Berguna dalam pembuatan pemetaan perpetual

Selain kedua fungsi yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat lain dari adanya penerapaan untuk model analisis diskriminan adalah dapat digunakan dalam pembuatan pemetaan perpetual. Prihal ini misalnya yang dilakukan oleh pemasar.

  1. Melakukan analisis yang melibatkan penggunaan jarak

Analisis diskriminan memiliki beberapa manfaat dibandingkan beberapa metode lain yang melibatkan penggunaan jarak.

Apalagi ketika kita berbicara tentang opsi yang digunakan dalam pengujian signifikansi untuk memeriksa perbedaan yang mungkin dimiliki oleh suatu produk satu sama lain. Tidak hanya itu, jarak antara kedua produk juga dapat ditemukan dengan bantuan analisis diskriminan.

  1. Dapat dikombinasikan dengan proses analisis kluster

Ada beberapa aplikasi praktis lain dari adanya penerapan analisis diskriminan yang perlu diketahui. Misalnya, dengan bantuan analisis diskriminan, seseorang dapat menggunakannya dalam kombinasi dengan proses analisis klaster juga.

  1. Membedakan karakteristik psikologis

Analisis diskrimininan juga dapat digunakan dalam bidang psikologi, salah satunya yaitu untuk membedakan antara pembeli bahan makanan yang peka terhadap harga dan tidak peka terhadap harga dalam hal atribut atau karakteristik psikologisnya.

  1. Berguna untuk memahami karakteristik loyalitas pelanggan

Dalam bidang bisnis, penerapan untuk penggunaan analisis diskriminan dapat digunakan untuk memahami karakteristik atau atribut data pelanggan yang memiliki loyalitas toko dan pelanggan yang tidak memiliki loyalitas toko.

  1. Menentukan kelayakan pemberian kredit

Ketika suatu bank akan memberikan kredit kepada pemohon, bank tersebut dapat menggunakan teknik analisis diskriminan untuk menentukan apakah pemohon yang bersangkutan memiliki risiko kredit yang baik atau buruk.

Jadi, analisis tersebut bisa menjadi teknik yang bagus dalam hal penyaringan pemohon ketika mencari pinjaman. Dampak positifnya, bank di seluruh dunia sebenarnya dapat menghindari masalah kredit macet, yang merupakan salah satu masalah paling umum yang mereka hadapi.

Contoh Analisis Diskriminan

Sebagai penjelasan lebih jauh lagi. Untuk contoh pemanfaatan dalam analisis diskriminan ini. Misalnya saja;

  1. Penelitian

Dalam analisis regresi dan ANOVA, variabel dependen harus berupa “variabel kontinu”. Variabel numerik menunjukkan sejauh mana subjek memiliki beberapa karakteristik, sehingga semakin tinggi nilai variabel, semakin besar tingkat karakteristiknya. Contoh yang baik dari variabel kontinu adalah mengukur adanya pendapatan seseorang.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkaitan dengan manfaat dan fungsi penggunaan analisis diskriminan beserta contoh singkatnya dalam penelitian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *