Pengertian Efektivitas dan 2 Contohnya

Diposting pada

Efektivitas Adalah

Penggunaan kata efektivitas mengacu pada adanya hubungan yang terkait dengan kesesuaian antara apa yang dilakukan dengan sasaran yang dituju. Sehingga secara umumnya istilah ini sendiri bisa dengan mudah ditemukan dalam objek organisasi, komunikasi, pembelajaran, bahkan dalam arti penelitian. Sebagimana dengan praktikalitas, valid, dan reliabel.

Efektivitas

Diakui ataupun tidak, adanya efektifitas menjadi bagian daripada faktor penting dalam proses pembelajaran dan penyusunan instrumen penelitian. Alasannya karena dalam kegiatan pembelajaran yang efektif merupakan kesesuaian antara siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan sasaran atau tujuan pemebelajaran yang ingin dicapai

Pengertian Efektivitas

Efektivitas adalah penjelasan secara objektif terkait dengan sejauh mana suatu kegiatan memenuhi tujuan atau fungsi yang dimaksudkan. Sehingga penggunaan kata efektivitas berlaku secara universal bukan hanya dalam konteks perumusan objek penelitian saja. Misalnya dalam bidang Pendidikan

Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli

Adapun definisi efektivitas menurut para ahli, antara lain;

  1. Mahmudi (2005), Efektivitas adalah bagian daripada hubungan antara output dengan tujuan, apabila kontribusi (sumbangan) output terhadap pencapaian tujuan semakin besar, maka semakin efektif pula suatu organisasi, program atau kegiatan.
  2. UNESCO, Definisi efektivitas adalah sebagai output dari tinjauan/analisis khusus yang mengukur (kualitas) pencapaian tujuan pendidikan tertentu atau sejauh mana lembaga pendidikan tinggi diharapkan dapat mencapai persyaratan tertentu.
  3. KBBI, Makna efektivitas adalah efeknya (yang menunjukkan adaanya akibat, pengaruh, atau kesan); manjur atau mujarab; dapat membawa hasil, berhasil guna (usaha dan tindakan).
  4. Slameto (2003 ), Efektifitas adalah deskripsi tentang adanya kesesuaian antara siswa dengan hasil belajar

Contoh Efektivitas

Contoh efektivitas yang bisa dengan mudah ditemukan. Misalnya;

  1. Efektivitas suatu bahan ajar

Biasanya, keefektifan dari suatu bahan ajar ditinjau dari potensial efeknya yang berupa kualitas hasil belajar, sikap dan motivasi dari siswa yang menggunakan bahan ajar tersebut. Secara lebih terperinci, Suryadi (2005) (dalam Yazid) mengemukakan bahwa bahan ajar dapat dikatakan efektif jika:

  1. Rata-rata siswa aktif dalam mengikuti aktivitas pembelajaran.
  2. Rata-rata siswa aktif dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.
  3. Rata-rata siswa efektif dalam penguasaan bahan pengajaran.
  4. Respon yang diberikan siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan yaitu baik atau positif.
  5. Respon yang diberikan guru terhadap pembelajaran yang dilaksanakan yaitu baik atau positif.
  1. Bisnis

Contoh lain misalnya efektivitas suatu bisnis. Dalam konteks bisnis, efektivitas menunjukkan seberapa baik bisnis dan orang-orang di dalamnya melakukan tugas penciptaan nilai, dan seberapa baik fungsi bisnis bernilai bersama. Efektivitas dapat diterapkan pada banyak bagian kegiatan bisnis.

Dimana dari sudut pandang manajerial, sebuah bisnis efektif jika orang-orangnya melakukan tugas yang diperlukan. Semakin konsisten karyawan melakukan tugas dengan benar, semakin efektif pula bisnis tersebut. Hal ini termasuk penggunaan yang tepat dari komunikasi, teknologi, pengetahuan organisasi dan individu, dan sumber daya.

Itulah saja pengulasan sekaligus penjelasan secara lengkap tentang pengertian efektivitas menurut para ahli dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga saja mampu untuk memberi wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.