Penulisan Daftar Pustaka dalam Proposal dan 2 Contohnya

Diposting pada

Daftar Pustaka Proposal Adalah

Setiap menulis laporan penelitian ataupun laporan kegiatan, seseorang haruslah mencantumkan daftar pustaka pada bagian akhir yang hakikatnya berfungsi sebagai penguat bahwa landasan teori sekaligus artikel ilmiah yang diselesaikan bisa dipertanggung jawabkan.

Disisi lainnya, maksud dan tujuan pembuatan daftar pustaka dalam proposal ialah mampu memberikan gambaran kepada khalayak umum untuk bisa mencari sumber penelitian dan jenis data tulisan yang dipergunakan. Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini secara lengkap akan mengulasanya.

Daftar Pustaka dalam Proposal

Daftar pustaka dalam proposal yang juga dikenal dengan bibliografi adalah daftar atasĀ  semua sumber yang telah kita gunakan. Peristilahan terkait dengan kepenulisan ini sendiri beranotasi dengan satu perbedaan penting yang secara singkat mampu untuk deskripsi singkat tentang konten, kualitas, dan kegunaan sumber.

Pengertian Daftar Pustaka Proposal

Daftar pustaka proposal adalah sebuah daftar yang setidaknya berisi judul buku-buku, artikel, jurnal nasional, jurnal internasional, dan bahan-bahan penerbitan lainnya yang memiliki pertalian dengan sebuah karangan atau sebagian dan karangan yang tengah digarap oleh seorang penulisnya.

Cara Menulis Daftar Pustaka dalam Proposal

Untuk umumnya kepenulisan dalam daftar pustaka di proposal yang baik dan benar. Antara lain;

  1. Nama Penulis
  2. Tahun terbit
  3. Judul Buku/Karya yang diambil
  4. Kota dan Nama Penerbitnya

Contoh Pembuatan Daftar Pustaka Proposal

Adapun untuk contoh penulisan sekaligus pembuatan dalam daftar pustaka di proposal antara lain;

  1. Proposal Penelitian

Untuk kepenulisan daftar pustaka dalam proposal penelitian tentusaja bisa mengambil sumber daya sekaligus sumber referensi dari para pembuatnya. Prihal ini contohnya saja ketertarikan seseorang yang akan menelaah tentang Pemanfaatan Sabut Kelapa, Kulit Padi, dan Batang pisang Sebagai Pengganti Rockwool.

Maka, bagian daftar pustakanya;

Daftar Pustaka Proposal Penelitian
  • Agoes DS. 1994. Aneka Jenis Media Tanam dan Penggunaannya. Jakarta: Penebar swadaya.
  • Handoko. 2014. Studi Pertumbuhan Pastia Stratiotes. Jakarta : Rineka Raya
  • Hendra, P. 2013 Pestisida Tanaman Gulma. Denpasar: Makalah Biologi IKIP. Denpasar
  • Nurdiana., Lubis, Z. And Vonnisa, M., 2013. Penentuan Kekuatan Tarik Material Komposit Epoxy dengan Pengisi Serat Rockwool Secara Eksperimen. Jurnal Dinamis. Institut Teknologi Medan.
  • Suprihatin. 2010. Teknologi Fermentasi. Surabaya: UNESA pres.
  1. Proposal Kegiatan

Untuk project dalam pembuatan proposal kegiatan umumnya dilakukan dengan mengambil sumber-sumber ataupun referensi secara online. Baik jurnal ataupun media pemberitaan. Tentusaja sistematika kepenulisannya haruslah ilmiah sehingga sumber yang dipergunapan kemudian bisa dipertanggung jawabkan.

Daftar Pustaka Proposal Kegiatan
  • Koentjaraningrat. 2009. Manusia dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Djambatan
  • Marjenah. 2018. Kesesuaian yang Dapat Ditumpangsarikan Dengan Ketapang. Kaltim : Dipterokarya
  • Nuraini, 2020. Kebutuhan teknologi di Indonesia. https://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/3725/ (diakses pada 12 juni 2022)
  • Narasi Ibad. 2009. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pelepah+pisang+se
    bagai+media+tanam+hidroponik&btnG=-d=gs_qabs&u=%23p%3Dnl_x_fbHHKoJ (diakses pada 24 juni 2022)

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian daftar pustaka proposal, cara membuat, beserta dengan cara kepenulisannya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.