Contoh Variabel Dependen dalam Penelitian

Diposting pada

Contoh Variabel Dependen

Variabel dependen yang juga dikenal dengan variabel terikat sejatinya dipergunakan sebagai variabel yang respon atas topik penelitian yang akan dilakukan. Variabel penelitian ini dipelajari dan diukur dalam suatu eksperimen atau percobaan ilmiah. Sehingga nantinya bisa mendorong perberubahan akibat dari perubahan ke variabel bebas (independen). Untuk mengulasnya berikut ini beragam contoh variabel dependen.

Variabel Dependen

Variabel dependen senantiasa dilakukan pengujian dan dilakukan pengukuran dalam percobaan ilmiah. Variabel dependen ‘bergantung’ pada variabel independen. Saat percobaam mengubah variabel bebas (independen), efek pada variabel dependen diamati dan dicatat. Sehingga karakteristik keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Variabel Dependen Menurut Ahli

Adapun definisi variabel dependen antara lain, sebagai berikut;

  • Sugiyono (2011), Variabel dependen dapat didefinisikan sebagai variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas.

Contoh Variabel Dependen

Contoh berikut ini untuk mengetahui bagaimana variabel independen mempengaruhi bentuk variabel dependen dalam sebuah teknik pengumpulan data. Misalnya;

Penelitian Bidang Pertanian

Suatu jenis metode penelitian ingin melihat jenis pupuk mana yang membantu tanaman tumbuh paling cepat, jadi dalam hal ini si peneliti menambahkan merek pupuk yang berbeda untuk setiap tanaman dan melihat seberapa tinggi mereka tumbuh.

Dalam hal ini, yang menjadi variabel independen adalah jenis pupuk yang diberikan kepada tanaman, sedangkan variabel dependennya adalah tinggi tanaman. Contoh kepenulisan dalam varible ini misalnya saja dengan judul “Pengaruh Pupuk NPK pada Tanaman Jagung“.

Maka, pupuk NPK sebagai varibel independen. Sedangkan tanaman jagung adalah variabel dependen.

Penelitian Bidang Eksakta

Contoh lainnya, misalnya peneliti ingin mengkaji pengaruh kenaikan suhu laut terhadap kehidupan ganggang, jadi peneliti merancang eksperimen yang mengukur jumlah ganggang dalam sampel air yang diambil dari situs samudera tertentu di bawah suhu yang bervariasi.

Dalam hal ini, variabel independennya adalah suhu lautan, sedangkan variabel dependennya adalah jumlah alga dalam sampel.

Penelitian Bidang Manajemen Pemasaran

Sedangkan untuk contoh lainnya dalam bidang manajemen pemasaran, untuk variabel dependen. Misalnya saja topik penelitian tentang “Pengaruh Motivasi Kerja Kariawan Honda Terhadap Seles di Surakarta“. Maka dalam hal inilah dapat dikatakan bahwa  variabel dependen adalah tenaga kerja seles yang memiliki tangung jawab dalam penjualan, sedangkan untuk variabel independennya adalah motivasi.

Penelitian Bidang Pendidikan

Sedangkan untuk metode penelitian dalam bidang pendidikan, contoh variabel dependen misalnya saja judul penelitian tentang “Hubungan Prestasi Siswa dengan Tingkat Keseriusan Belajar“. Maka yang dimaksud variabel terikat disini adalah tingkat keseriusan belajar”.

Untuk memberikan penjelasan secara terperinci, akan variabel dependen berdasarkan topik penelitian. Berikut tabel kami sajikan,

No Judul Penelitian Variabel Dependen
1 Dampak Kesehatan Merokok Bagi Kangker Studi Kasus pada Remaja di Desa Kangker
2 Pengaruh Iklan PSI pada Media Sosial Terhadap Kecenderungan Milinial Milenial
3 Pengaruh Digital Marketing Pada Kemampuan Pembelian Produk Herbal Produk Herbal
4 Hubungan Komunikasi Guru pada Siswa di Sekolah Siswa
5 Pengaruh Metode Belajar pada Tingkat Kecerdasan Siswa Kecerdasan
6 Pengaruh Pergaulan Bebas Terhadap Hamil di Luar Nikah Hamil di Luar Nikah
7 Hubungan Keharonisan Keluarga Terhadap Kecerdasan pada Siswa Kecerdasan

Cara Membuat Variabel Dependen

Sejatinya terkait dengan bagaimana para peneliti menentukan variabel dependen yang baik sangat berhubungan dengan stabilitas.

Dimana seringkali stabilitas merupakan pertanda baik dari variabel dependen yang berkualitas. Jika percobaan yang sama diulangi dengan peserta, kondisi, dan manipulasi eksperimental yang sama, efek pada variabel dependen harus sangat dekat dengan apa yang mereka pertama kali lakukan.

Penting juga untuk diingat bahwa sementara beberapa studi mungkin hanya memiliki satu variabel dependen dan satu variabel independen, juga dimungkinkan untuk memiliki beberapa dari setiap jenis variabel. Hal ini juga mempengaruhi pada teknik pengumpulan data.

Sebagai contoh si peneliti mungkin ingin mempelajari bagaimana variabel dalam satu variabel independen mempengaruhi beberapa variabel dependen berbeda. Misalnya, bayangkan sebuah eksperimen di mana seorang peneliti ingin mempelajari bagaimana kekacauan suatu ruangan memengaruhi tingkat kreativitas orang.

Namun, penelitian itu mungkin juga ingin melihat bagaimana kekacauan sebuah ruangan dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Kekacauan suatu ruangan akan menjadi variabel independen, tetapi penelitian ini akan memiliki dua variabel dependen dalam tingkat kreativitas dan suasana hati peneliti itu sendiri.

Itulah ulasan lengkap yang bisa kami berikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan contoh variabel dependen dalam berbagai jenis judul penelitian yang bisa dilakukan. Semoga memberikan edukasi bagi segenap pembaca sekalian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *