Contoh Pendekatan Penelitian

Diposting pada

Contoh Pendekatan Penelitian

Pendekatan dalam arti penelitian merupakan salah satu langkah awal yang diperlukan untuk kemudian mampu menelaah metode penelitian apa yang sangat relevan dengan hasil topik penelitian. Bisanya terdapat berbagai jenis pendekatan penelitian yang lazim digunakan. Seperti penelitian kuantitatif, deskriptif, historis, korelasional, perkembangan, penelitian kuantitatif, studi kasus, kausal komparatif, dan lain sebagainya.

Tetapi yang pasti dalam merumuskan pendekatan tersebut haruslah disesuaikan dengan instrumen standar, yang telah diuji sebelumnya teknik pengumpulan data sehingga memastikan akurasi, reliabilitas, dan validitas data. Disini, tentu sangatlah jelas bahwa peneliti bertindak sebagai instrumen kunci, artinya peneliti mengumpulkan data dirinya melalui pengalaman dan keterlibatan pribadi.

Pendekatan Penelitian

Pendekatan penelitian adalah serangkaian rencana dan prosedur yang terdiri dari langkah-langkah asumsi luas untuk metode rinci pengumpulan data, analisis, dan interpretasi. Oleh sebab itu, didasarkan pada sifat dari rumusan masalah penelitian yang ditangani.

Dimana untuk pendekatan penelitian pada dasarnya dibagi menjadi dua kategori: pendekatan pengumpulan data dan pendekatan analisis data atau penalaran. Disisi lain, kadangkalapula menggabungkan keduanya, yang disebut pendekatan metode campuran dalam hal ini si peneliti berupaya membantu kelompok marginal yang disebut pendekatan partisipatif.

Contoh Pendekatan Penelitian

Sebagai pembahasan lebih lanjut berikut ini beberapa contoh permasalahan penelitian yang ada disekitar kita, kemudian ditelaah dengan jenis pendekatan penelitian apa yang seharusnya dipilih beserta dengan penjelasan alasan menggunakan pendekatan tersebut.

No Kasus/Tema Penelitian Pendekatan yang Diperlukan Alasan Memilih Pendekatan
1 Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pemerintah Kota Surakarta Penelitian Kuantitatif Hal ini karena berhubungan dengan ukuran pemusatan data, berupa jenis data penelitian numerik yang di ukur dengan menyebaran angket terhadap informan penelitian
2 Kampung Inggris Pare dalam Proses Pemeberdayaan Masyarakat  di Kabupaten Kediri Penelitian Studi Kasus Alasannya karena ada sejumlah ciri khas yang mana karakterisik penyebutan Kampung Inggris hanya berada di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. bahkan biasanya dibumbihi kelengkapan dengan studi kasus dilakukan pada Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur.
3 Determinan Pernikahan Usia Muda di Kelurahan Jebres, Kota Surakarta Penelitian Deskriptif Alasannya karena disini menjelaskan tentang faktor-faktor yang menjelaskan tentang pengaruh adanya pernikaha usia muda. Sehingga si peneliti berusaha mencari jawabannya dengan melakukan wawancara kepada para pelaku usia muda.
4 Historical Legency Pembangunan Tugu Monas di Jakarta Penelitian Historis Penyebabnya karena dalam hal ini peneliti berusaha untuk mencari jejak-jejak sejarah tentang alasan Tugu Monas di bangun, khususnya di DKI Jakarta.
5 Karakteristik Pegaulan Bebas pada SMA 1 Kulon Progo Penelitian Perkembangan Alasannya karena dalam hal ini si peneli berusaha menggali faktor perkembangan yang terjadi pada remaja, khususnya untuk siswa/i yang melakukan pergaulan bebas.
6 Keteladanan Guru dengan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Sekampung Penelitian Korelasional Penyebabnya karena dalam hal ini riset dilakukan untuk mencari hubungan yang saling terkait (korelasi) antara sikap guru dan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa atau siswinya.
7 Analisis Nasionalime Pada Dahar Kembul di Klaten, Jawa Tengah Penelitian Kualitatif Alasannya karena dalam hal ini si peneliti mencoba untuk menganalisis secara mendalam adakah hubungan perayaan dahar kembul yang dilakukan di Kabupaten Klaten dengan peningkatan nasionalime. Alasannya tak lain karena dahar kebul hanya dilakukan pada saat terjadinya perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pendekatan Penelitian dalam Proposal

Disisi lain, untuk struktur penulisan dalam pendekatan penelitian biasanya juga ada. Khususnya dicantumkan dalam Bab 3 tentang metode penelitian. Adapun penyusunannya sebagai berikut;

Penelitian dalam Proposal

Jenis Pendekatan Penelitian

Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian deskriptif dengan kualitatif yang menghasilkan data-data secara deskriptif berupa kata-kata yang tertulis. Menurut Straus dan Corbin dalam Cresswell J (1998:24) bahwa penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur-prosedur statistic atau cara-cara lain dari kuantitatif (pengukuran). Pola deskriptif ini digunakan dalam penelitian ini seperti penjelasan yang dikemukakan oleh Sulistyo-Basuki “Penelitian deskriptif mencoba mencari deskripsi yang tepat dan cukup dari semua aktivitas, objek, proses, dan manusia” (Sulistyo-Basuki 2010:110).

Sehingga secara umum penelitian kualitatif dapat diartikan sebagai penelitian yang digunakan untuk menganalisis
suatu permasalahan sosial atai fenomena yang hasilnya berupa deskriptif kata-kata bukan berupa angka sebagai pengukuran.

Nah, dari penjelasan terkait dengan contoh yang telah disebutkan. Setidaknya perlu diketahui bahwa beberapa kriteria yang digunakan dalam memilih suatu pendekatan penelitian diantaranya yaitu;

  1. Sifat masalah penelitian atau masalah yang ditangani, pertanyaan yang perlu kita jawab
  2. Tujuan penelitian
  3. Pengalaman pribadi, keterampilan, sikap, minat, dan lain-lain dari peneliti
  4. Sumber daya yang tersedia
  5. Sensivitas masalah yang dihadapi
  6. Disiplin studi
  7. Penonton/konsumen penelitian

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh pendekatan penelitian beserta penyusunannya. Semoga bisa memberikan wawasan dan edukasi mendalam bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *