10 Contoh Kesimpulan Makalah/Karya Ilmiah/Skripsi/Laporan Penelitian/Jurnal

Diposting pada

Contoh Kalimat Kesimpulan

Dalam setiap kepenulisan jenis karya ilmiah yang baik dan benar dibutuhkan penyelesaian berupa menalar serta menarik bagian kesimpulan yang tepat. Kesimpulan ini sendiri berada dalam makalah ilmiah, artikel, essai, karya tulis ilmiah, laporan penelitian, jurnal, laporan praktikum, paper, dan lainnya.

Oleh karena alasan demikian, setidaknya penarikan jenis kesimpulan menjadi metode proses berpikir yang mampu
menggantikan kedudukan atas adanya kemampuan menalar dengan mempernggunakan alat ukur penelitian yang ada.

Kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian akhir kepenulisan yang berada di BAB 5 dalam skripsi, tesis, ataupun desertasi sekaligus bagian BAB 3 dalam makalah dan essai. Yang disusun secara sistematis dari adanya pengamatan empiris dan logis atas proses dan kerja metodologis tertentu.

Contoh Kesimpulan

Adapun untuk contoh kalimat penulisan kesimpulan yang baik. Antara lain;

  1. Makalah

Dalam pembuatan makalah bagian kesimpulan tersebut seringkali berkaitan erat dengan saran. Sehingga susunannya bisa dibuat dengan langklah berikut;

Kesimpulan Makalah

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Dari pembahasan makalah diatas di peroleh kesimpulan bahwa:

  1. Tahapan dalam proses pembuatan briket biomassa kelapa sawit dan sabut kelapa adalah pemotongan pelepah dan sabut, pengeringan pelepah dan sabut kelapa, karbonasi, penghalusan, pencampuran serbuk dan tepung tapioka, pencetakan briket dan pengeringan kembali.
  2. Cara pengaplikasian yaitu briket kelapa sawit dibakar dengan menggunakan bensin untuk mempermudah menghidupkan briket. Jika api sudah menyala terang berarti briket sudah siap digunakan.

Saran

  1. Hendaknya briket kelapa sawit dan sabut kelapa dapat dikembangkan dan dan dijual di pasar dengan harga yang terjangkau.
  2. Hendaknya para penulisan makalah selanjutnya dapat mengembangkan briket ini.
  1.  Karya Tulis Ilmiah

Contoh mengenai penyusunan kalimat kesimpulan dalam penulisan karya ilmiah yang melibatkan tentang masalah dan solusi yang di tawarkan. Maka, bentuk kesimpulan yang bisa dipilih pada bagian ini adalah solusi serta hal-hal yang teoritis serta berkaitan dengan intisari kepenulisan karya ilmiah.

Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah

Rangkuman singkat atas karya tulis ilmiah dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut, Serangkaian aktivitas suatu usaha yang diyakini bisa memperbanyak lapangan pekerjaan dan memiliki peran khusus dalam proses peningkatan pendapatan masyarakat merupakan UMKM. UU UMKM No.20/2008 mendefinisikan pemberdayaan sebagai kegiatan yang dilakukan secara eskalatif oleh pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat dalam bentuk perubahan iklim dan pengembangan usaha UMKM.

Lingkungan usaha merupakan kondisi yang diupayakan oleh pemerintah dan pemerintah daerah untuk secara sinergis memberdayakan usaha kecil dan menengah dengan menetapkan berbagai undang-undang, peraturan dan kebijakan dalam berbagai aspek kehidupan ekonomi. Usaha kecil membawa sebagian, kepastian, peluang seluas luasnya, perlindungan dan dukungan usaha.

Memasuki Era Industri 4.0, minimnya penguasaan teknologi informasi tersebut menuntut perhatian lebih kepada UMKM yang menggunakan metode pemasaran tradisional. Keunggulan teknologi dapat diwujudkan dalam berbagai bidang. Sementara itu, perkembangan teknologi juga terbukti sangat bermanfaat bagi perusahaan modern. Dengan teknologi UMKM sebagai usaha dominan di Indonesia diharapkan dapat menyaingi ekspor yang dilakukan oleh usaha besar yang telah lebih unggul menggunakan teknologi untuk meningkatkan pendapatan Negara.

  1. Laporan Penelitian

Pembuatan kalimat kesimpulan untuk laporan penelitian juga bisa disusun sesuai dengan apa yang ditemukan pada saat menyelesaikan risetnya. Prihal ini redaksi kalimatnya sebagai berikut;

Kesimpulan Laporan Penelitian

Dari laporan penelitian tersebut maka didapatkan kesimpulan sebagai berikut;

  1. Lahan rawa sangat berpotensi untuk dijasikan sebagai lumbung pangan.
  2. Teknologi pangsimas tepat untuk optimalisasi pemanfaatan lahan rawa sebagai lahan pertanian untuk ketahanan pangan serta mencapai tujuan dalam SDGs 2030.
  3. Teknologi pangsimas memiliki sistem produksi yang sederhana dan dan mampu menghasilkan kuantitas produksi yang tinggi.
  1. Skripsi

Bagian kepenulisan kesimpulan didalam skripsi yang fokus kepenulisan pada temuan penelitian sekaligus saran bagi riset selanjutnya. Maka, hal-hal yang perlu dimuat dalam literatur adalah sebagai berikut:

Kesimpulan Skripsi

BAB V
KESIMPULAN

Simpulan

  1. Kepercayaan masyarakat Banyumas mengenai khasiat dari Jenitri (Elaeocarpus ganitrus) memang benar karena ternyata Jenitri (Elaeocarpus ganitrus) mengandung senyawa metabolit sekunder yang berkhasiat bagi kesehatan.
  2. Tumbuhan Jenitri (Elaeocarpus ganitrus) memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder, diantaranya flavonoid, saponin, fenolik, dan alkaloid.
  3. Tumbuhan Jenitri berkhasiat sebagai antioksidan dalam tubuh

Saran

  1. Bagi masyarakat, diharapkan dapat memaksimalkan pemanfaatan tumbuhan Jenitri (Elaeocarpus ganitrus) berdasarkan hasil penelitian atas skripsi kami.
  2. Peninjauan ulang serta pengembangan dari hasil penelitian kami sehingga dapat lebih sempurna.
  3. Mengembangkan Jenitri (Elaeocarpus ganitrus) menjadi OMAI (Obat Modern Asli Indonesia) sehingga dapat dikenal oleh masyarakat yang lebih luas dan memberikan manfaat bagi manusia.
  1. Jurnal

Menulis kesimpulan untuk jurnal nasional ataupun jurnal internasional juga dibuat hampir sama. Hanya saja sistematika artikel ilmiahnya untuk bagian jurnal skala internasional mempergunakan Bahasa Inggris sedangkan nasional tidak.

Kesimpulan Jurnal

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk jurnal ini, maka adanya pirolisis sampah plastik Polietilena Terephtalat (PET) menggunakan katalis zeolit dapat menghasilkan alternatif bahan bakar minyak dengan hasil uji titik nyala, viskositas, dan densitas sebesar 0.52°C, 756 cP, dan 34 kg/m3 dengan RON sebesar 95.6.

  1. Laporan Praktikum

Bagian kepenulisan kesimpulan untuk laporan praktikum sejatinya juga dibuat hampir sama dengan proposal ataupun hasil penelitian. Yaitu;

Kesimpulan Laporan Praktikum

BAB V
PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa:

Sampah daun nangka (Artocarpus heterophyllus) berpotensi untuk dijadikan sebagai material superkapasitor. Dengan P2 (sampah daun nangka dengan menggunakan aktivator HCl) sebagai perlakuan yang terbaik karena menempati nilai tertinggi dari 2 indikator penelitian, dengan nilai tegangan (volt) rata-rata berkisar antara 3.1 hingga 3.8 volt, dengan rata-rata 3,45 volt dan nilai tengah 3.4 volt, dan lampu LED menyala.

Saran

Dari kesimpulan yang ada saran yang dapat diberikan yaitu;

  1. Perlu diadakannya penelitian lebih lanjut untuk menyempurnakan potensi sampah daun nangka (Artocarpus heterophyllus) sebagai material superkapasitor, termasuk uji Uji SEM (Scanning Electron Microscopy) dan Uji EIS (Electrochemical Inpedance Spectroscopy).
  2. Perlu pengemasan yang lebih sempurna agar energi listrik yang telah disimpan oleh superkapasitor tidak menghilang

Contoh Membuat Kalimat Kesimpulan

Serangkaian tahapan yang menjadi langkah-langkah dalam menuliskan kesimpulan yang baik untuk tulisan ilmiah kita yaitu;

  1. Menentukan koneksi logis antara kesimpuan dengan bagian lainnya

Kesimpulan harus meringkas makalah penelitian kita. Jangan memulai ide baru di bagian ini. Kita harus menyatakan kembali poin-poin utama, dan memberikan sintesa dasar untuk poin-poin tersebut.

Hal itu berarti bahwa kita harus menemukan hubungan logis antara tujuan, sasaran, atau hipotesis dengan kesimpulan kita, untuk memastikan bahwa kesimpulan kita tidak terdengar seperti pemikiran tunggal bagi pembaca atau terdengar berbeda dari apa yang dibahas di seluruh makalah penelitian.

Ketika kita mampu menarik hubungan logis dengan ide-ide sebelumnya yang dinyatakan dalam makalah penelitian, kita meninggalkan kesan abadi bagi pembaca tulisan kita.

  1. Memastikan kesimpulan kita terkait dengan pendahuluan

Struktur terbaik untuk kesimpulan dalam makalah penelitian adalah menyusun kesimpulan sedemikian rupa sehingga menghubungkan kembali ke pendahuluan dan pendahuluan tersebut menghubungkan kembali ke kesimpulan, seperti siklus yang sempurna. Hal itu dapat dilakukan dengan menyatakan kembali pertanyaan yang diajukan dalam pendahuluan.

Akan tetapi, di bagian ini kita akan memberikan jawaban yang dapat dipahami oleh pembaca. Ini adalah metode yang sama yang digunakan dalam cerita pendek, ketika penulis membiarkan kita menebak di awal dan kemudian memberi tahu semua yang perlu kita ketahui di akhir cerita.

  1. Jangan melupakan logika

Tidak apa-apa untuk memiliki poin yang berlawanan dalam makalah penelitian kita. Namun, tugas kita di bagian ini semata-mata untuk memastikan bahwa pembaca kita tidak bingung sebagai akibat dari poin yang berlawanan.

Kesimpulan kita adalah tempat yang tepat untuk memberi tahu pembaca pendapat kita tentang masalah yang disorot dalam makalah penelitian. Semua pertanyaan yang tidak terjawab atau sebagian dijawab dalam makalah penelitian harus dijawab dalam kesimpulan kita.

Jika pada titik ini kita tidak dapat memberikan jawaban yang jelas untuk pertanyaan-pertanyaan itu, beri tahu pembaca kita penelitian lebih lanjut apa yang diperlukan atau tindakan masa depan yang akan memberikan jawaban yang jelas untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut.

  1. Membiarkan pembaca menarik kesimpulannya sendiri

Perhatikan bahwa pendekatan ini tidak tepat dalam beberapa jenis makalah penelitian. Namun, sebagian besar diterima dalam makalah penelitian tentang masalah sosial atau politik. Dalam metode ini, kita mengajukan pertanyaan kepada pembaca alih-alih memberi mereka jawaban. Pertanyaan yang diajukan harus berpusat pada tujuan makalah.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh kalimat kesimpulan dalam makalah, karya tulis ilmiah, skripsi, laporan penelitian, jurnal ilmiah, dan laporan praktikum beserta cara membuatnya. Semoga bisa berguna.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.