5 Contoh Job Description Perusahaan yang Baik dan Benar

Diposting pada

Contoh Job Description Perusahaan

Penulisan sekaligus pembuatan job description sejatinya menjadi bagian penting dalam setiap perusahaan ataupun organisasi. Oleh karena itulah wajar, jikalau dalam penulisan proposal kegiatan dan proposal usaha/bisnis bagian job desc termasuk dalam BAB 2 terkait isi.

Sebagai penggambaran yang baik pada arti artikel inilah akan memberikan contoh bagian job desc yang ada dalam suatu perusahaan bagi sebagai direktur, kariawan, bendara, CEO, seketaris, dan lainnnya.

Job Description Perusahaan

Job desk perusahaan adalah bagian penjelasan dari adanya tugas, peran, serta wewenang setiap unit usaha yang dianggap sebagai pekerja. Hal ini tentusaja hampir sama dengan contoh Tupoksi dalam proposal kegiatan, namun jikalau dalam perusahaan lebih detail bahasannya terkait struktur yang ada.

Contoh Job Description Perusahaan

Adapun untuk bagian contoh job description dalam beragam perusahaan yang baik dan benar. Antara lain;

  1. Job Description Usaha Makanan

Untuk jenis usaha makanan kepenulisan job description bisa dilakukan dengan langkah mudah. Hanya memetakan sumber daya manusia yang ada. Misalnya saja;

Job Description Perusahaan Makanan

Job Description Perusahaan Makanan

Job Description

Pemilik Usaha:

  • Menetapkan tujuan dan tugas tiap bagian.
  • Penanggung Jawab setiap pemilihan, pemesanan, dan bahan pembelian.
  • Mengatur negosiasi dan sistem kerja sama terhadap perusahaan atau toko lain.
  • Melakukan pengawasan, kontroling dan mengkoordinir kegiatan setiap bagian secara berkala dan pertanggungjawaban.

Juru Masak:

  • Sebagai core team selama proses produksi
  • Menyiapkan bahan produksi, membuat produk, hingga pengemasan dibantu oleh karyawan lain
  • Mengatur pengelolaan alat dan bahan baku produksi
  • Melakukan pengecekan berkala terkait ketersediaan bahan produksi
  • Bertanggung jawab dalam hal sanitasi tempat produksi baik itu pra-produksi, saat produksi dan pasca produksi

Marketing:

  • Menentukan dan menetapkan jadwal pemasaran.
  • Melakukan identifikasi pasar dan pengembangan jaringan pemasaran yang akan dituju.
  • Melakukan perencanaan strategi pemasaran seperti melakukan promosi atau penyaluran barang.
  • Menentukan dan memilih peluang besar untuk melakukan pemasaran.
  • Merencanakan marketing research yaitu dengan mengikuti perkembangan trend pasar, terutama terhadap produk sejenis dari perusahaan pesaing.

Accounting:

  • Melakukan pengecekan dan pengawasan lapangan mengenai keuangan.
  • Memberikan atau melakukan verifikasi dan bukti setiap pendapatan dan pengeluaran yang dilakukan.
  • Melakukan pengecekan lapangan mengenai bagian yang terkait masalah keuangan.
  • Penanggung jawab finansial dalam setiap pendapatan dan pengeluaran keuangan.
  1. Job Description Usaha Jasa

Penulisan dan pembuatan bagian job description dalam perusahaan yang bergerak pada jasa bisa dibilang mirip dengan stuktur organisasi. Prihal ini tentusaja lebih sederhana dalam kepenulisannya. Misalnya saja;

Job Description Perusahaan Jasa

Struktur Organisasi

Rencana sumber daya manusia adalah proses analisis yang dilakukan oleh seorang pengusaha atau sekelompok pengusaha terhadap kebutuhan akan sumber daya manusia, sehingga dapat menentukan langkah apa yang harus diambil dalam menjalankan bisnis untuk mencapai suatu tujuan.

Adapun rencana struktur organisasi di bawah ini:

Ketua

Mengatur jalannya usaha agar berjalan dengan lancar.

Seketaris

Memberikan catatan atas arsip terkait dengan data perusahaan yang dilakukan secara online maupun manual sebagai bentuk dokumentasi.

Bendahara

Mengatur keuangan yang diperlukan untuk memulai usaha, seperti perhitungan modal, pemasok, dan pengeluaran, hingga laba dan rugi.

Produksi

Melakukan kegiatan produksi agar menjadi produk yang berkualitas dan unggul.

Marketing

Mengatur jalannya promosi agar banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk figantioner machine makerting sehingga kegiatan promosi berjalan dengan lancar.

Sumber Tenaga Kerja

Strategi sumber daya manusia yang tepat sangat penting karena sumber daya manusia dapat menjadi keunggulan kompetitif yang memberikan kontribusi kepada perusahaan mengenai suatu kemampuan yang unik untuk beradaptasi di dalam lingkungan yang cepat berubah.

Oleh karena itu diperlukan manajemen sumber daya manusia dalam pemilihan sumber tenaga kerja/karyawan yang akan dipekerjakan dalam perusahaan. Diantaranya mempekerjakan orang-orang yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan kinerja yang baik agar strategi tersebut dapat diimplementasikan. Ini dapat dilakukan terutama melalui rekrutmen, seleksi dan penempatan, pelatihan, pengembangan dan manajemen karir.

  1. Perusahaan Startup

Penulisan dan pembuatan bagian job desc yang baik untuk jenis usaha start up yang ideal tentusaja berhubungan dengan kepemilihan usaha dan tugas yang ada. Prihal ini kepenulisannya bisa dilakukan dengan contoh sistematika berikut;

Job Description Perusahaan Start Up

job description strat startup

Penjelasannya;

  • CEO adalah pejabat perusahaan yang diberi wewenang penuh manajemen perusahaan.
  • CFO (Chief Financial Officer) bertanggungjawab terkait pengadaan pendanaan, pembelanjaan, pembentukan anggaran, dan segala urusan laporan keuangan perusahaan, penggajian karyawan, termasuk mengelola apabila perusahaan mengalami risiko terkait keuangan
  • CMO (Chief Marketing Officer) bertugas memimpin divisi marketing, bertanggung jawab dalam beberapa bidang, yakni kehumasan, divisi riset pasar, dan branding.
  • COO (Chief Operating Officer) bertugas membantu CEO menjalankan model bisnis perusahaan yang dipimpinnya, dan juga sebagai jembatan antara CEO dengan para karyawan.
  • CHRO (Chief Human Resources Officer) bertanggung jawab terhadap segala hal terkait pengelolaan SDM di NextIn, seperti perekrutan karyawan, penilaian kinerja dan evaluasi secara berkala, serta pengembangan potensi karyawan.

Cara Membuat Job Description

Adapun langkah dalam membuat sekaligus menyusun job desk yang baik dan benar agar efektif. Yaitu;

  1. Melakukan Analisis Kebutuhan Pasar

Riset pasar berguna bagi penyusunan job desk. Alasannya karena dengan jenis data penelitian yang ada itulah, agar perusahaan mampu bersaing haruslah memberikan gambaran tentang SDM yang dibutuhkan. Sehingga perkembangnnya nantinya bisa lebih cepat.

  1. Memberikan Tugas dan Tanggungjawab Secara Rinci

Bagian lainnya dalam kepenulisan bagian job desk yang muah ialah dengan memberikan serangkaian tugas sekaligus tanggung jawab seorang dalam jenis rencana usaha yang dibuat. Bagian ini bisa dibilang lebih efektif sebab nantinya setiap individu memiliki tugas dan yang berbeda.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh job desk dalam perusahaan makanan, jasa, dan stratup yang baik beserta dengan cara membuatnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.