3 Contoh Dokumentasi Program Kegiatan dan Penelitian

Diposting pada

Contoh Dokumentasi

Diakui ataupun tidak, peristilahan dokuemtasi pada awalnya berasal dari gagasan bahwa para insinyur dan pemrogram “mendokumentasikan” produk dalam tulisan formal. Akan tetapi, lebih lanjutnya istilah dokumentasi telah banyak digunakan dalam konteks yang lebih luas, sepertinya halnya dalam laporan penelitian, program kegiatan, dan lainnya. Jadi, bukan hanya terkait komputerisasi.

Namun yang pastinya, dokumentasi mengacu pada setiap materi yang dapat dikomunikasikan sehingga pada akhirnya digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan, atau menginstruksikan mengenai beberapa atribut dari suatu objek penelitian, sistem atau prosedur, seperti bagian-bagiannya, perakitan, instalasi, pemeliharaan dan penggunaan.

Dokumentasi

Dokumentasi adalah bagian daripada adanya bentuk kegiatan prihal mengumpulkan dan juga menyebarkan berbagai jenis dokumen terkait seluruh lapangan pekerjaan manusia. Sehingga atas dasar inilah laporan atau makalah penelitian penggunaan dokumentasi menjadi bukti yang digunakan untuk informasi dan ide yang dipinjam dari orang lain.

Disisi lainnya, ada banyak gaya dan format dokumentasi, termasuk gaya MLA (digunakan untuk penelitian di bidang humaniora), gaya APA (digunakan dalam bidang psikologi, sosiologi, pendidikan), gaya Chicago (digunakan dalam bidang sejarah), dan gaya ACS (digunakan dalam bidang kimia).

Contoh Dokumentasi

Adapun untuk contoh penulisan dalam penggambaran dokumentasi yang mudah ditemukan. Misalnya saja;

  1. Program Kegiatan

Penyeleggaraan program kegiatan yang dibuat oleh setiap organisasi sosial, pendidikan, dan juga organisasi politik senantisa mencantumkan bagian dokumentasi. Adapun sistematikanya diletakan pada lampiran sehingga tidak termasuk dalam Bab kepenulisan.

Yang pastinya, hal ini mudah dilihat dalam laporan pertanggung jawaban kegiatan. Tentusaja setelah menyusun adanya proposal kegiatan.

Dokumentasi program kegiatan

Dokumentasi Kegiatan Pramuka

Anggota Pramuka sedanga mengikuti perkemahan
Anggota Pramuka sedanga mengikuti perkemahan
Pembina mengajarkan Darma Pramuka sebagai pesan moral terhadap sesama anggota Pramuka
Pembina mengajarkan Darma Pramuka sebagai pesan moral terhadap sesama anggota Pramuka
  1. Pelaksanaan Penelitian

Proses menjalankan penelitian biasanya juga diperlukan dokumentasi. Hal ini khususnya pada metode penelitian eksperimen yang setidaknya memberikan ulasan tentang prosedur penelitian yang dilakukan, bahkan tak jarang pula dalam penulisannya dijadikan sebagai data primer.

Dokumentasi pelaksanaan penelitian
Dokumentasi pelaksanaan penelitian
Perancangan percobaan energi listrik
Dokumentasi prosedur penelitian
Percobaan setelah ditambah dengan abu gosok
  1. Laporan Penelitian

Penulisan laporan penelitian juga biasanya mempergunakan dokumentasi sebagai bagian daripada unsur penguat hasil riset yang disajikan. Tentusaja hal ini bisa didapatkan dari objek penelitian dan subjek penelitian. Untuk metodeya sendiri bahkan bisa menuliskan dari hasil screnshoot digital.

Dokumentasi laporan penelitian
Dokumentasi laporan penelitian
Tampilan pembelajaran di media sosial intsgram

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh dokumentasi dalam program kegiatan dan laporan penelitian. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.