Ciri Populasi dalam Penelitian dan Biologi

Diposting pada

Ciri Populasi dalam Penelitian dan Biologi

Barangkali ketika kita mendengar kata populasi sesuatu yang kita fikirkan ialah semua orang yang tinggal di kota, negara bagian, atau bentuk perbedaan lainnya. Hal ini sangatlah wajar sebab dalam populasi bukan hanya dibahas untuk disipilin ilmu biologi yang diberengi dengan komunitas, akan tetapi dalam arti penelitian juga menjadi bahasan yang tidak boleh ditinggalkan.

Oleh karena itulah dalam analisis kajian populasi ini juga ditemukan dalam bahasan sub-populasi. Apa itu bahasannya?. Berikut penjelasan yang bisa diberikan.

Populasi

Populasi secara umum adalah sebagai suatu bagian kecil yang terdapat dalam sebuah kelompok/kumpulan tertentu serta dianggap menjadi topik utama tentang suatu penelitian dan biologi yang sedang dikaji. Oleh karena demikianlah secara jenisnya polulasi ini terbagi menjadi dua garis besar. Yakni;

  1. Populasi dalam peneltian
  2. Populasi dalam biologi.

Populasi Penelitian

Populasi penelitian yang dihitung secara statistik adalah sekumpulan entitas yang akan digunakan untuk mengambil kesimpulan statistik, seringkali berdasarkan sampel acak yang diambil dari populasi.

Contohnya saja jika kita tertarik untuk membuat generalisasi tentang semua yang ada dalam burung gagak, maka populasi statistik adalah kumpulan dari semua burung gagak yang ada sekarang, pernah ada, atau akan ada di masa depan.

Karena dalam kasus ini dan banyak kasus lainnya tidak mungkin untuk mengamati seluruh populasi statistik, karena kendala waktu, kendala aksesibilitas geografis, dan kendala pada sumber daya peneliti, peneliti akan mengamati sampel statistik dari populasi untuk mencoba mempelajari sesuatu tentang populasi secara keseluruhan.

Terkadang pemerintah ingin mencoba mendapatkan informasi tentang semua orang yang tinggal di suatu wilayah terkait dengan jenis kelamin, ras, pendapatan, dan agama. Jenis pengumpulan informasi atas seluruh populasi disebut sensus.

Ciri Populasi dalam Penelitian

Ciri statistik ialah karaktristik populasi dalam kelompok dan hasil penggabungan berbagai rumusan permasalahan dari individu dalam populasi. Ciri statistik diantaranya yaitu:

  1. Memiliki kepadatan populasi seperti berbagai parameter utama yang dipengaruhi oleh kelahiran juga kematian
  2. Sebaran, yakni populasi tersebut dipengaruhi oleh persebaran objek tertentu. Diantaranya adalah cuaca, kondisi iklim, struktur dan umur objek
  3. Adanya dispersi, yakni penyebaran individu intra populasi
  4. Populasi dapat dipengaruhi oleh komposisi genetik

Populasi Biologi

Bagian dari populasi biologi disebut sub-populasi. Jika sub-populasi yang berbeda memiliki sifat yang berbeda, sehingga keseluruhan populasi menjadi heterogen, sifat dan tanggapan dari populasi secara keseluruhan seringkali dapat lebih dipahami jika populasi dipisahkan terlebih dahulu menjadi sub-sub populasi yang berbeda.

Contohnya saja dalam hal ini adalah obat tertentu mungkin memiliki efek yang berbeda pada sub-populasi yang berbeda, dan efek ini dapat dikaburkan atau dihilangkan jika sub-populasi khusus tersebut tidak diidentifikasi dan diperiksa secara terpisah.

Demikian pula, seseorang sering dapat memperkirakan parameter dengan lebih akurat jika sub-populasi dipisahkan. Misalnya, distribusi ketinggian di antara orang-orang lebih baik dimodelkan dengan menganggap pria dan wanita sebagai sub-populasi terpisah.

Ciri Populasi Biologi

Karakteristik yang dimiliki oleh sekumpulan individu yang membangun suatu populasi dalam biologi, diantaranya yaitu;

  1. Adanya organisasi dan struktur organisasinya dengan bersifat konstan ataupun fluktuasi sesuai dengan waktu
  2. Memiliki sejarah kehidupan mulai dari lahir, tumbuh, berdiferensiasi, kemudian tua, setelah itu mati
  3. Adanya pengaruh oleh dampak lingkungan sehingga merespon perubahan lingkungan
  4. Adanya hereditas di dalamnya.
  5. Melekat berbagai faktor genetik dan ekologi, (kemampuan adaptasi, reproduksi, serta persistensi)

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan ciri-ciri populasi yang ada dalam penelitian dan biologi. Semoga bisa memberikan edukasi bagi segenap pembaca yang sedang memerlukan bahasannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *