Ciri Kesimpulan Penelitian yang Baik dan Benar

Diposting pada

Kesimpulan Penelitian

Membuat kesimpulan harus dilakukan secara istematisasi dari keseluruhan aspek atas hasil penelitian yang telah selesai. Mulai dari rumusan masalah, kerangka penelitian, metode penelitian, penemuan penelitian, serta pembahasan hasil penelitian yang telah disebutkan. Dalam hal inpula proses pembuat kesimpulan penelitian yang baik memiliki karakteristik yang menjadi keharusan.

Kesimpulan Penelitian

Kesimpulan adalah pernyataan yang dikemukakan oleh peneliti secara keseluruhan riset yang telah dilakukan dengan mempertimbangkan hasil, latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, serta teori-teori yang dipergunakan.

Oleh karena demikian maka untuk kepenulisannya kesimpulan terbagi menjadi 2 secara garis besar yaitu kesimpulan induktif untuk penelitian kualitatif dan deduktif untuk penelitian kuantitatif.

Ciri Kesimpulan

Karakteristik pembuatan kesimpulan yang baik dan benar setidaknya harus mengandung unsur-unsur sebagai berikut;

Bab Akhir

Ciri pertama dalam kesimpulan penelitian yang benar hauslah diletakkan sendiri dalam bab akhir. Penyusunan kesimpulan penelitian ini bersifat padu dan menyeluruh. Sehingga dalam penulisan kesimpulan si peneliti menanggalkan perannya sebagai ilmuwan dan ia mencoba menjadi seorang filsosof.

Titik Akhir Penelitian

Kesimpulan tidak berarti titik akhir penelitian. Kesimpulan tidak dapat dipegang secara dogmasi. Hal ini disebabkan ilmu yang dianggap benar hari ini pada konteks dan waktu tertentu, bisa jadi dianggap salah dalam masa yang akan datang. Konteks dan situasi tempat yang berbeda akan membedakan hasil penelitian.

Memberikan Rekomendasi

Penjelasan terkait dengan kesimpulan selanjutnya ialah harus memberikan rekomendasi yang menyeluruh terkait dengan hal apa yang belum dapat dikerjakan peneliti untuk memberi bekal atau bahan kepada peneliti yang akan datang. Setidaknya kondisi ini dilakukan menunjukan bahwa tidak ada penelitian yang hasilnya sempurna.

Syarat Kesimpulan

Agar bisa dikatakan suatu kesimpulan baik dan benar maka berikut adalah syarat dalam membuat kesimpulan:

  1. Kesimpulan memiliki kerangka dasar yang jelas
  2. Kesimpulan memiliki inti yang tidak menghilngan hasil penelitian
  3. Kesimpulan memiliki tujuan untuk memangkas hasil gagasan
  4. Dalam memangkas gagasan harus terperinci

Contoh Kesimpulan

Penggunaan dalam contoh kalimat kesmpulan, bisa disusun sebagai berikut;

Kesimpulan Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan skripsi yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa determinan dan dampak pernikahan usia muda yang ada di Desa Mulyorejo, adalah sebagai berikut:

  1. Banyaknya pernikahan usia muda yang terjadi di Desa Mulyorejo disebabkan karena adanya 4 determinan, yakni ekonomi, pendidikan, budaya, dan pergaulan remaja.
  2. Pernikahan usia muda di Desa Mulyorejo menimbulkan dampak postif dan dampak negatif.
  3. Determinan yang paling mempengaruhi pernikahan usia muda di Desa Mulyorejo adalah determinan pergaulan remaja. Hal ini disebabkan pergaulan remaja di Desa Mulyorejo telah terpengaruh oleh pergaulan bebas yang ada di perkotaan tanpa diimbangi dengan pendidikan yang tinggi.

Dari sejumlah penjelasan yang telah disebutkan di atas, dapat ditarik intisari bahwa pembuatan kesimpulan dalam proses karya tulis ilmiah bisa dilakukan dengan mudah. Asalkan mengetahui mekanisasi tentang tulisan yang telah dibuatnya. Termasuk pada tinjauan pustaka, hipotesis, ataupun pada instrumen penelitian yang dilakukan.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri kesimpulan, syarat, dan contohnya yang baik dan benar. Termasuk bisa dipergunakan dalam essay, skripsi, ataupun dalam pebuatan makalah. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *