Pengertian Analisis Univariat, Rumus, dan Contohnya

Diposting pada

Analisis Univariat Adalah

Pada hekaktnya tingkat analisis berbagai jenis data penelitian dalam statistik, terbagi menjadi tiga jenis. Yaitu analisis univariat, analisis bivariat, dan analisis multivariat. Dimana ketiganya memiliki arti dan perbedaan dalam pemilihannya tergantung pada jumlah variabel penelitian, data, dan fokus penelitian/penyelidikan.

Akan tetapi yang pasti penggunaan analisis univariat dalam penelitian merupakan metode analisis yang dilakukan pada data tunggal atau hanya terdiri dari satu jenis variabel. Misalnya saja tetang usia dan tinggi badan.

Analisis Univariat

Variabel penelitian dalam metode penggunaan analisis univariat sejatinya hanya dimaknai sebagai kondisi atau sub kumpulan tempat data penelitian yang berada. Darisini tentusaja dapat menjelaskan bahwa analisis univariat sebagai “kategori”.

Misalnya, analisis mungkin melihat variabel “usia” atau mungkin melihat “tinggi” atau “berat“. Namun, ini tidak melihat lebih dari satu variabel pada satu waktu, sebaliknya ini menjadi analisis bivariat (atau dalam kasus 3 atau lebih variabel itu akan disebut analisis multivariat).

Pengertian Analisis Univariat

Analisis univariat adalah serangkaian bentuk penghitungan paling dasar dari teknik analisis data statistik. Jika data hanya berisi satu variabel dan tidak berhubungan dengan sebab atau akibat hubungan, teknik analisis univariat digunakan.

Adapun tujuan utama dari analisis univariat adalah untuk mendeskripsikan data secara sederhana untuk menemukan pola di dalam data. Hal ini dilakukan dengan melihat mean, median, mode, dispersi, varians, range, deviasi standar, dan lain-lain.

Pengertian Analisis Univariat Menurut Para Ahli

Adapun definisi analisis univariat menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. Researach Optimus, Analisis univariat adalah metode analisis data penelitian kuantitatif yang paling mudah. Seperti namanya, “Uni” yang berarti “satu,” dalam analisis univariat, hanya ada satu variabel yang dapat diandalkan. Analisis ini digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dan menarik kesimpulan. Adapun tujuannya untuk memperoleh data, mendeskripsikan dan meringkasnya, serta menganalisis pola di dalamnya.

Rumus Perhitungan Analisis Univariat

Adaun teknik penghitungan dalam analisis univariat antara lain sebagai berikut;

Rumus Penghitungan Analisis Univariat

Dengan keterangan:

  • P          = Presentase
  • X         = Jumlah kejadian pada responden
  • N         = Jumlah seluruh responden

Cara Menghitung Analisis Univariat

Adapun untuk rumus penghitungan dalam analisis univariat dilakukan melalui beberapa cara yang sebagian besar bersifat deskriptif, yang meliputi:

  1. Tabel Distribusi Frekuensi
  2. Histogram
  3. Poligon Frekuensi
  4. Diagram lingkaran
  5. Diagram batang

Contoh Teknik Analisis Univariat

Adapun untuk contoh penghitungan dalam analisis univariat, misalnya saja;

  1. Penelitian

Misalnya saja dalam melalui penelitian survei di ruang kelas, peneliti mungkin menghitung jumlah anak laki-laki dan perempuan. Dalam hal ini, data hanya akan mencerminkan angka, yaitu variabel tunggal dan jumlahnya sesuai tabel di bawah ini.

Variabel=x Jumlah=n
Laki-laki 38
Perempuan 45
Kesimpulan

Analisis univariat adalah bentuk analisis data yang paling sederhana. “Uni” berarti “satu”, atau dengan kata lain data hanya satu variabel yang dianalisis. Penjelasan ini tentusaja tidak berurusan dengan sebab atau hubungan (tidak seperti regresi) dan tujuan utamanya adalah untuk menjelaskan, sehingga dalam hal ini dibutuhkan data, meringkas data dan menemukan pola dalam data tersebut.

Nah, demikin saja ya artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian analisis univariat menurut para ahli, rumus, cara menghitung, dan contohnya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *