Pengertian Analisa TOWS dan Contohnya

Diposting pada

Analisa TOWS adalah

Penyebutan sekaligus pembahasan matrik terkait dengan Analisa TOWS seringkali dilakukan dalam sebuah pembahasan untuk beragam karya tulis ilmiah. Prihal ini tentusaja sedikit ada perbedaan antara analisis SWOT dan Analisa TOWS. Dimana untuk anlisis SWOT menjadi bagian kerangka kerja yang dipergunakan untuk mengevaluasi posisi kompetitif suatu organisasi atau perusahaan dan untuk mengembangkan perencanaan strategis.

Sedangkan jikalau analisis TOWS komponen bagian pembahasan yang lebih sering dipergunakan untuk melihat faktor eksternal dan internal suatu bentuk perusahaan dalam riset pasar.

Analisa TOWS

Analisa TOWS yang memiliki singkatan dari treath, opportunity, weakness, strengths adalah bagian dari adanya analisa jenis data penelitian yang mempergunakan daftar tabel dalam proses penentuan strategi guna melihat adalah faktor eksternal perusahaan threaths dan opportunity kemudian diikuti dengan melihat faktor internal perusahaan weakness dan strenghts.

Contoh Analisa TOWS

Adapun untuk contoh penggunaan dalam analisa TOWS (treath, opportunity, weakness, strengths). Misalnya saja keinginan dalam melakukan riset terkait Strategi Komunikasi Prokes Covid 19 Melalui Google reviews untuk peningkatan kunjungan Wisata ke Kota Batu Jawa Timur. Maka, kepenulisannya;

Contoh Analisa TOWS

Pemanfaatan Google Reviews dalam strategi mengkomunikasikan keamanan destinasi wisata di Kota Batu di evaluasi dengan Analisa TOWS (Treath, Opportunity, Weakness, strengths). Analisa ini akan memberikan gambaran Langkah Langkah yang harus diambil untuk melakukan komunikasi dan unggahan melalui Google Reviews yang akan meningkatkan citra keamanan destinasi wisata.

Hasil Analisa TOWS terlihat dalam gambar matriks sebagai berikut:

Matriks TOWS Penggunaan Google Reviews Untuk Komunikasi Prokes Covid di Destinasi Wisata Kota Batu

contoh matriks tows

Dari Matriks diatas Analisa TOWS terhadap penggunaan Google Reviews untuk komunikasi penerapan prokes covid di destinasi wisata Kota Batu memiliki Treath (ancaman) yaitu Ulasan buruk dari netizen, Unggahan foto buruk dari netizen, Bantahan unggahan dari netizen.

Sedangkan untuk Opportunity (kesempatan) yaitu Ulasan mendukung dari netizen, Unggahan foto mendukung dari netizen, Komentar positif dari netizen. Di sisi weakness (kelemahan) terdapat beberapa kelemahan yaitu privasi data pengunggah, perlu inisiatif dari pengunjung yang mendukung program pemerintah, Kebijakan pemerintah daerah yang harus mengikuti pusat.

Strength dari strategi ini adalah mudah, murah, cepat. Setelah kita mengetahui komponen komponen dari Analisa TOWS kita dapat merumuskannya dengan membandingkan hubungan antara Threath dengan Weakess, Threath dengan Strength, Opportunity dengan Weakness, Opportunity dengan Strength untuk Menyusun rencana solusi untuk penerapan strategi tersebut. Secara detail dapat terlihat dari tabel berikut:

Strategi Pemanfaatan Google Reviews Prokes Covid Untuk Peningkatan Citra Destinasi Wisata Kota Batu Dengan Pendekatan Analisa TOWS

contoh matriks tows

Dari tabel Strategi Pemanfaatan Google Reviews Prokes Covid Untuk Peningkatan Citra Destinasi Wisata Kota Batu Dengan Pendekatan Analisa TOWS menghasilkan 4 strategi yaitu Pelibatan pengelola destinasi wisata untuk benar-benar melaksanakan prokes Kesehatan (Treath-Weakness), harus segera mungkin dengan target minimal 250 (85% dari rata unggahan perbulan) unggahan ulasan dan foto (Treath-Strenght), Pelibatan masyarakat batu, pns dan tni polri untuk mengugah ulasan dan foto yang sesuai protol covid di destinasi wisata (Opportunity-Weakness), unggahan tidak hanya dilakukan pada desnitasi wisata juga pada fasilitas pendukung dan fasilitas penunjang wisata (Opportunity- Strength).

Dengan strategi tersebut maka pemanfaatan Google Reviews untuk unggahan ulasan dan foto yang sesuai dengan prokes covid segera dapat meningkatkan citra keamanan destinasi wisata Kota Batu. Dengan peningkatan citra keamanan diharapkan kunjungan wisatawan ke Kota Batu segera pulih dan perekonomian Kota Batu tumbuh dan berkembang.

Dari penjelasan dan contoh yang disebutkan setidaknya perlu diketahui bahwa penyusunan matriks TOWS terdiri dari beberapa langkah penyusunan, yaitu dengan memberikan penjabaran terkait dengan semua peluang eksternal perusahaan.

Selanjtnya, yaitu dengan berausaha dalam memperjelas adanya semua ancaman eksternal perusahaan dan semua yang menjadi kekuatan internal perusahaan. Prihal kebutuhannya bisa disesuaikan dengan maksud dan tujuan pelaksanaannya.

Demikinalah pengertian analisa TOWS dan contoh matriknya yang bisa dikemukakan dalam perusahaan. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.