Pengertian Abstrak Informatif, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Contoh Abstrak Informatif

Abstrak pada hakekatnya dianggap sebagai sebuah ringkasan yang senantisa disajikan secara singkat dan jelas. Termasuk bagian penulisannya memuat tujuan, cakupan atau bahkan jangkauan dan temuan dari suatu arti artikel ilmiah.

Salah satu jenis  dalam pembuatan abstrak ialah bersifat informatif. Hal ini wajar, mengingat dalam kepenulisannya yang singkat setidaknya mampu menggambarkan secara nyata bagian keilmiahannya.

Abstrak Informatif

Abstrak informatif adalah sebuah dokumen atau tulisan yang didalamnya mengnadung informasi secara kualitatif dan kuantitatif. Oleh karena itulah biasanya abstrak ini dibuat lebih panjang daripada abstrak yang lain, dikarenakan dibuat sebaik mungkin, tetapi tidak mengubah isi atau pun maksud dari penulis aslinya.

Pengertian Abstrak Informatif Menurut Para Ahli

Adapun definisi abstrak informatif menurut para ahli, antara lain;

  1. Perpuspedia, Definisi abstrak informatif adalah serangkaian penulisan ilmiah yang dibuat secara ringkas untuk kemudian dipergunakan dalam karya tulis ilmiah yang didalamnya struktur penulisan abstrak terdapat tujuan penelitian, metodologi, hasil penelitian, dan kesimpulan dalam penelitian.

Ciri Abstrak Informatif

Sedangkan untuk karakteristik abstrak yang bersifat informatif, antara lain;

  1. Kepenulisannya mempergunakan jenis data penelitian, baik yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif
  2. Dibuat dengan minimal jumlah kata 100 sampai dengan 300 kata, khususnya untuk penelitian skripsi
  3. Penulisan untuk tesis dan desertasi dibuat maksimal 300 kata
  4. Penyusunannya haruslah membuat hasil penelitian yang telah dilakukan
  5. Terdapat minimal 3 keywords yang harus ada dalam topik penelitian

Contoh Abstrak Informatif

Sebagai pembahasan lengkap. Untuk contoh penulisan dan pembuatan abstrak informatif. Misalnya saja

Ekowisata Air Asam Tambang Batubara

ABSTRAK

Indonesia merupakan negara dengan cadangan batubara sebesar 12 milyar ton yang digunakan untuk membangkitkan listrik melalui PLTU dalam rangka meewujudkan proyek 35000 MW. Berdasarkan hal tersebut eksplorasi tambang batubara akan dan tenaga kerja yang dibutuhkan akan meningkat, akan tetapi disisi lain hal ini akan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang berpotensi mencemari lingkungan di sekitar area sekitar pertambangan. Air asam tambang (Acid Mine Drainage) merupakan salah satu potensi pencemaran lingkungan yang diakibatkan kegiatan pertambangan batubara. air asam tambang merupakan air yang bersifat asam yang berasal dari mineral sulfida yang bereaksi dengan O2 di udara dan air, akibat yang ditimbulkan yaitu kualitas air yang menurun. Perencanaan ekowisata air asam tambang bertujuan untuk menanggulangi akibat pembentukan air asam tambang (Acid Mine Drainage) dengan menggunakan danau buatan yang dimodifikasi dengan menggunakan sistem pengolahan air asam tambang yang terbagi menjadi 2 zona yaitu zona Anoxic Limestone Drainage (ALD) dan Zona Anaerobic Pond, Zona Anoxic Limestone Drainage berfungi untuk meningkatkan nilai ph sedangkan Zona Anaerobic pond berfungsi untuk mengikat logam berat di dalam air asam tambang dengan system fitoremediasi menggunakan tanaman eceng gondok. Selain itu untuk meningkatkan nilai tambah dari pengolahan air asam tambang dirancanglah kawasan ekowisata dengan danau buatan sebagai pusat dari kawasan ekowisata tersebut. Kawasan ekowisata yang akan dirancang berupa kebun buah, taman bermain, museum tambang juga berfungsi agar pengunjung bisa merasakan aktivitas pertambanagan seperti halnya studio alam yang bernuansa tambang kuno seperti halnya di Amerika dengan konsep bangunanya, pekerja tambangnya dan adanya danau buatan pengolahan air asam tambang. Konsep ini dapat meningkatkan kualitas air, penambahan kawasan ruang terbuka hijau, meningkatkan proper perusahaan dan juga konservasi hewan di sekitar area konservasi .

Keywords : Air Asam Tambang; Ekowisata; Konservasi

Nah, itulah saja penjelasan dan ulasan secara lengkap tentang pengertian abstrak informatif, ciri, dan contoh kepenulisannya. Semoga saja mampu memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *