6 Contoh Tujuan Penelitian Makalah, Karya Ilmiah, Proposal, Skripsi, Laporan Penelitian

Diposting pada

Contoh Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian yang berisikan tentang adanya daftar perencaan terkait dengan jawaban atas temuan hasil penelitian sejatinya dibuat dengan langkah sistematis dan logis. Yakni memberikan rumusan hingga memperoleh
pemahaman baru pada masalah-masalah yang konkret, aktual, dan praktis terkait dengan permasalahan yang ada.

Oleh karena alasan itulah setiap kepenulisan jenis karya ilmiah seperti makalah, tesis, skripsi, desertasi, laporan penelitian, praktikum, sampai dengan proposal pelaksanaan penelitian.

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah bagian tulisan dalam BAB 1 Pendahuluan yang berhubungan erat dengan rumusan masalah. Sehingga pembuatannya sendiri dilakukan guna menemukan serangkaian jawaban dari masalah penelitian yang telah dirumuskan.

Oleh karena itulah,  konsistensi sekaligus korelasi yang ada diantara rumusan masalah dengan tujuan penelitian haruslah singkron dengan apa yang menjadi bagian dari adanya latar belakang penelitian.

Contoh Tujuan Penelitian

Adapun untuk contoh kepenulisan bagian tujuan penelitian antara lain sebagai berikut;

  1. Makalah

Penulisan bagian tujuan penelitian dalam jenis makalah biasanya dikenal dengan tujuan penulisan jikalau dengan sayarat riset yang dilakukan dengan metode studi pustaka. Namun jikalau benar-benar bentuknya seperti karya ilmiah maka kepenulisannya tetap dengan redaksi tujuan penelitian.

Tujuan Penelitian Makalah

Tujuan Penelitian

  1. Mengetahui rating google review destinasi wisata Kota Batu
  2. Mengetahui jumlah ulasan dan foto pada google review yang sesuai prokes covid
  3. Menyusun strategi pengunaan google review untuk peningkatan citra
    keamanan dari penularan covid 19
  1. Karya Tulis Ilmiah

Sedangkan dalam bagian kepenulisan karya tulis ilmiah, untuk kepenulisan bagian tujuan penelitian bisa dilakukan dengan redaksi sebagai berikut;

Tujuan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Tujuan Penulisan

  1. Mengetahui cara pemanfaatan daun binahong dan lidah buaya sebagai pestisida nabati untuk mengedalikan hama pada sayuran hidroponik.
  2. Mengetahui apakah fermentasi daun binahong dan lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama pada sayuran hidroponik.
  3. Mengetahui pengaruh pestisida nabati dari daun binahong dan lidah buaya yang difermentasi terhadap hama pada sayuran hidroponik.
  1. Proposal Penelitian

Kepenulisan bagian tujuan penelitian dalam proposal juga dibuat dengan sistematika penomaran. Untuk kepenulisannya sebagai berikut;

Kalimat Tujuan Proposal Penelitian

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk:

  1. Mengetahui manfaat daun binahong dan daun sirih hijau sebagai salep penyembuh luka.
  2. Mengetahui efektifitas daun binahong dan daun sirih hijau sebagai salep penyembuh luka.
  1. Skripsi

Penulisan skripsi untuk kepenulisan bagian sasaran dalam tujuan penelitian bisa dibuat dengan lebih panjang, setidaknya terdiri dari beberapa jawaban. Prihal ini contohnya saja;

Tujuan Penelitian Skirpsi

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah:

  1. Untuk mengetahui bahwa campuran ekstrak daun lidah buaya dan daun pepaya dapat dijadikan bahan pengawet alami ramah lingkungan pada umbi wortel.
  2. Untuk mengetahui tentang keefektivitasan campuran daun lidah buaya dan daun pepaya dalam manfaatnya sebagai pengawet alami pada umbi wortel.
  1. Laporan Penelitian

Penulisan bagian tujuan penelitian dalam kepenulisan laporan bisa dibuat dengan dibarengi beserta manfaat penelitian yang didapatkan. Contohnya saja sebagai berikut;

Tujuan Penelitian Skripsi

Tujuan dan Manfaat

Adapun tujuan dan manfaat dari penelitian ini antara lain:

  1. Mempelajari perengkahan minyak nabati secara pirolisis dengan kalsium oksida
  2. Membuat biofuel dari minyak biji karet (Hevea brasiliensis) sebagai bahan bakar alternatif dan menjadi dasar untuk mengembangkan metode produksi biofuel yang lebih efisien dan ramah lingkungan.
  3. Memberikan informasi terkait pemanfaatan dan pengolahan minyak biji karet dan batu kapur
  4. Untuk memberi nilai tambah serta membuka peluang dalam memperoleh bahan baku alternatif dari biji karet (Hevea brasiliensis) dan kalsium oksida dari batu kapur sebagai katalis.
  1. Jurnal

Penulisan bagian tujuan penelitian dalam jurnal biasanya dibuat dengan sesingkat mungkin, alasannya karena penggunaan hitungan lembaranya terbatas sehingga hanya untuk beberapa variabel penelitian saja.

Tujuan Penelitian Jurnal

Tujuan Penelitian

  1. Membuat hand sanitizer otomatis untuk mengurangi tingkat bersentuhan dengan wadah hand sanitizer

Cara Membuat Tujuan Penelitian

Untuk tips dalam menulis bagian tujuan penelitian yang baik dan benar. Antara lain;

  1. Berpedoman pada Rumusan Masalah

Penulisan bagian tujuan penelitian tentusaja dibuat dengan berpedoman pada rumusan masalah. Hal ini dijalankan agar terdapat korelasi yang berhubungan sehingga daftar tabel pertanyaan dalam rumusan nantinya bisa didapatkan dengan hasil penelitian.

  1. Membuat Kata Operasional

Kepenulisan bagian tujuan penelitian dibuat dengan memanfaatkan kata operasional perlu dilakukan sebagai bentuk penagasan atas jawaban. Contoh redaksinya seperti mengidentifikasi, mendeskripsikan, mengukur, menganalisi, dan membandingkan.

  1. Menulis dengan Membuat Seringkas Mungkin

Kepenulisan bagian tujuan penelitian dibuat dengan seringkas mungkin tanpa bertele-tele. Bentuknya seperti sesuaikan dengan variabel penelitian dengan berfokus pada objek penelitian dan subjek penelitian yang telah ditemukan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh kalimat penulisan tujuan penelitian dalam makalah, karya Ilmiah, proposal, skripsi, laporan penelitian, jurnal beserta dengan cara membuatnya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.