5 Contoh Kata Pengantar Makalah, Proposal, Laporan Penelitian, Skripsi

Diposting pada

Contoh Kata Pengantar

Diakui ataupun tidak, untuk penulisan kalimat kata pengantar termasuk dalam bagian awal yang telah
ditetapkan dalam pedoman setia jenis karya ilmiah bersamaan dengan cover, halaman sampul, motto, abstrak, daftar isi, daftar tabel dan gambar, dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah, dalam hal ini kepenulisan karya tulis ilmiah termasuk dengan skripsi, makalah, proposal, laporan penelitian, praktikum, dan buku ilmiah senantiasa ada bagian unsur kata pengantar. Hal ini wajar mengingat adanya kata pengantar sebagai ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu penulis selama penulisan karya tulis tersebut.

Kata Pengantar

Kata pengantar adalah bagian daripada sistematika kepenulisan yang berhubungan dengan pengantar sebuah buku, biasanya pembuatannya sendiri menyatakan subjek, ruang lingkup, atau tujuannya. Sehingga prihal ini seseorang perlu untuk memberikan penjelasan terkait dengan uraian yang ingin disampaikan.

Contoh Kata Pengantar

Adapun sebagai penjelasan lebih lengkapnya berikut ini adalah bagian contoh kalimat yang bisa kalian lakukan dalam pembuatan kata pengantar. Antara lain;

  1. Makalah

Makalah adalah karya ilmiah yang disusun seseorang dengan topik bahasan tertentu. Bagian awal dalam sistematika penulisan yang sistematis ada bagian kata pengantar. Misalnya saja;

Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kehadiran Allah SWT. Atas berkah dan rahmat-Nya lah sehingga tim kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ilmiah yang berjudul “(Tuliskan Judulnya)”. Yang dibuat dalam tugas biologi.

Dalam penulisan makalah ini, tim mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang telah membantu proses penyelesaian tulisan ini, khususnya kepada:

  1. Allah SWT
  2. Susanto selaku pembimbing dalam makalah ilmiah ini.
  3. Semua pihak yamg telah memberikan bantuan dalam penulisan makalah ini.

Tim menyadari bahwa makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan kami menerima segala masukan yang sifatnya membangun guna memajukan penelitian atau karya tulis ilmiah ini.

Akhir kata semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan, Aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin.

Palembang, 21 juli 2022

 

Tim Penyusun

  1. Proposal Penelitian

Pembuatan setiap proposal penelitian yang disusun oleh seorang peneliti tentusaja membuatuhkan bagian kata pengantar. Prihal ini jelaskan saja tujuan sekaligus pentingnya proposal tersebut dibuat, tentusaja tanpa memberikan keterangan pendekatan penelitian apa yang dipergunakan. Contohnya;

Kata Pengantar Proposal Penelitian

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahhirobbilalamin. Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul “ Peran Remaja dalam Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid 19 “. Tentunya, dalam penyusunan proposal ini terdapat pihak lain yang ikut serta dalam membantu penulisan karya ilmiah ini, baik segi materi maupun dorongan semangat.

Untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada:

  1. (Jabatan kepala sekolah) selaku kepala SMA Negeri
  2. (Jabatan pembimbing) selaku pembimbing yang telah membimbing kami dalam proposal penelitian ini
  3. Kedua orang tua kami tercinta yang telah memberikan semangat dan dorongan serta materi kepada kami, sehingga proposal ini dapat selesai dengan baik
  4. Semua pihak yang telah membantu dalam penulisan proposal penelitian ini.

Kami berharap selesainya proposal penelitian ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Pada akhirnya kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan.

  1. Laporan Penelitian

Penyusunan setiap laporan penelitian termasuk juga laporan praktikum tentusaja selesai selesai dibuat dibutuhkan bagian kata pengantar. Sistematika penulisannya;

Kata Pengantar Laporan Penelitian

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji syukur ke hadirat Allah S.W.T yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan penelitian dengan judul “Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur Sebagai Media Filtrasi Penjernihan dan Meningkatkan pH Air Gambut”

Dalam menyusun laporan penelitian ini kami banyak mendapat dukungan dalam bentuk materil maupun moril dari berbagai pihak terutama guru pembimbing yang telah memberikan waktunya kepada kami dalam menyusun dan menyelesaikannya.

Kami menyadari bahwa dalam penulisan laporan penelitian ini masih belum sempurna, maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca guna perbaikan dan penyempurnaannya.

Demikian laporan penelitian ini kami persembahkan, dan besar harapan kami semoga laporan penelitian ini dapat memberikan nilai dan manfaat bagi pembaca. Aamiin

  1. Skripsi

Pembuatan sekaligus penulisan arti skripsi yang disusun oleh mahasiswa S1 tentusaja bagian awalnya diisi dengan bagian kata pengantar. Adapun kepenulisannya;

Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan rahmat dan Anugrah-Nya sehingga kami dapat melaksanakan dan menyelesaikan penulisan skripsi yang berjudul “Superkapasitor Berbahan Dasar Sampah Daun Nangka (Arthocarpus heterophyllus)” untuk bisa menyelesaikan strata satu (S1) jurusan Biologi.

Dalam melakukan penyusunan skripsi ini penulis telah mendapatkan masukan, bantuan, dan bimbingan dari berbagai pihak yang sangat berguna dan bermanfaat.

Kami mengucapkan terimakasih kepada;

  1. (Jabatan rektor) selaku Rektor Universitas
  2. (Jabatan pembimbing) selaku dosen pembimbing
  3. Teman-teman angkatan biologi 2018 di Universitas
  4. Semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan skripsi ini

Penulis membuka diri untuk segala saran dan kritik yang membangun guna perbaikan di masa yang akan datang. Semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi bagi masyarakat.

Denpasar, 22 Juli 2022

  1. Karya Tulis Ilmiah

Setiap penulisan karya tulis ilmiah yang dibuat dalam beragam keperluan juga diharuskan membuat bagian kata pengantar. Contohnya saja yang bisa kalian pergunakan sebagai berikut;

Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat, rahmat, karunia, dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini yang berjudul “Eksplanasi Ilmiah Mengenai Tanaman Jenitri
(Elaeocarpus ganitrus) sebagai Jamu Tradisional” yang kami buat dengan tulus dan penuh kerja keras.

Kami sepenuhnya menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ilmiah ini tidak lepas dari bentuan berbagai pihak. Maka, tak lupa kami ucapkan terima kasih banyak kepada orangtua, pembimbing-pembimbing, guru-guru, serta kawan-kawan kami yang mendoakan, mendukung, memberi saran, kritik, dan bantuannya sehingga kami dapat menyusun laporan hasil penelitian ini.

Selain itu, kami pula menyadari bahwa laporan hasil penelitian ini masih jauh dari sempurna dikarenakan terbatasnya pengetahuan dan pengalaman kami. Oleh karena itu, diharapkan segala bentuk saran serta kritikan yang membangun sehingga dapat menyempurnakan penelitian kami ke depannya. Akhir kata, semoga laporan penelitian yang sederhana ini dapat membawa manfaat bagi kita semua.

Cara Membuat Kata Pengantar

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kita ingat dalam menulis kata pengantar, diantaranya:

  1. Diskusikan topik tertentu dari buku ini tetapi tidak termasuk penyajian kembali daftar isi
  2. Paragraf terakhir dapat mencakup ucapan terima kasih atas bantuan pribadi, profesional, dan keuangan
  3. Seluruh kata pengantar bisa sesingkat empat paragraf, dan tidak boleh lebih dari tiga halaman yang diketik
  4. Kata pengantar harus diakhiri dengan nama masing-masing editor, afiliasinya, dan lengkap informasi kontak (alamat, telepon, faks, dan alamat email)

Oleh karena itulah, secara lebih rinci, berikut ini langkah-langkah dalam menuliskan kata pengantar, yaitu:

  1. Membuat Draft Kata Pengantar

Dalam membuat draf kata pengantar, susunan yaitu sebagai berikut:

  1. Jelaskan latar belakang diri kita

Ini akan memberikan kesempatan kepada pembaca untuk mengenal diri kita. Dalam banyak kasus, ini merupakan satu-satunya kesempatan kita untuk berbicara kepada pembaca. Sertakan latar belakang pendidikan dan profesional kita. Berikan perhatian khusus pada detail yang berkaitan dengan subjek pekerjaan kita. Berikan pula kredensial kita apabila itu penting untuk topik tersebut.

Misalnya, ketika menulis buku tentang gangguan bipolar, akan menjadi hal yang sangat membantu untuk menjelaskan latar belakang profesional dan pendidikan kit sebagai psikiater. Untuk menjaga bagian ini tetap informal, kita bisa memutuskan untuk melakukan ini dalam bentuk anekdot.

  1. Diskusikan apa yang mengilhami proyek penulisan atau penelitian kita (jika ada)

Pembaca kemungkinan akan tertarik untuk mengetahui apa atau siapa yang mendorong kita untuk memilih topik khusus ini. Demikian juga, kita mungkin ingin membagikan inspirasi kita sebab itu akan membantu orang memahami tujuan pekerjaan kita. Tapi, tidak perlu memberikan inspirasi.

  1. Beri tahu pembaca mengapa teks yang kita tulis itu penting

Mengapa pembaca harus membaca teks yang kita tulis? Apa yang membuat pekerjaan  atau penelitian kita berharga? Jelaskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada bagian kata pengantar. Ini akan membantu pembaca memahami kesenjangan dalam metode penelitian yang kita isi, atau apa yang mereka dapat dari membaca karya kita.

  1. Jelaskan siapa audiens target kita

Ini membantu pembaca kita memahami jika pekerjaan atau penelitian kita tepat untuk mereka. Meskipun kita mungkin ingin sebanyak mungkin pembaca, membiarkan mereka tahu siapa audiens target kita bisa membantu kita menghindari kekecewaan pembaca yang telah membaca karya kita.

  1. Berikan pembaca ide tentang apa yang diharapkan dari teks yang kita tulis

Ini membantu dalam membentuk harapan pembaca kita. Selain itu, ini juga akan membantu mereka mengetahui apa yang harus diperhatikan saat mereka membaca tulisan kita. Secara keseluruhan, ini bisa membantu kita menyampaikan pesan dengan lebih efektif.

  1. Tawarkan wawasan menarik tentang tulisan kita

Meskipun tidak dibutuhkan, kita mungkin ingin memasukkan detail tambahan tentang tulisan kita. Mungkin kita berpikir pembaca akan menikmatinya, atau mungkin kita pikir ini akan membantu pembaca lebih memahami tulisan kita.

Apabila kita mempunyai wawasan yang menarik untuk dibagikan, kata pengantar kita merupakan tempat untuk melakukannya.

  1. Sertakan ucapan terima kasih kita

Kita mungkin menghormati orang-orang yang membantu kita dalam melakukan penelitian, penulisan, atau penyuntingan tulisan kita. Apabila kita mempunyai beberapa orang yang ingin kita beri ucapan terimakasih, yang terbaik adalah membuat bagian ucapan terima kasih yang terpisah.

  1. Merevisi kata pengantar

Tahapan yang dapat kita lakukan dalam merevisi kata pengantar, yaitu sebagai berikut:

  1. Tinjau kata pengantar Anda untuk mencari bagian yang perlu direvisi

Menulis yang baik selalu membutuhkan revisi, jadi pastikan kita merevisi dan mengedit kata pengantar yang kita tulis. Mulailah dengan meninjaunya sendiri, membuat catatan untuk perbaikan.

Periksa beberapa hal berikut: (1) Struktur kalimat yang bervariasi, (2) Mudah dibaca, (3) Run-On Sentences (kalimat yang terdiri dari dua atau lebih independent clause tapi tidak terhubung dengan benar, sehingga harus diperbaiki), (4) Fragmen kalimat, (5) Kesalahan tata bahasa dan ejaan, (6) Masalah dengan pilihan kata.

  1. Mintalah teman atau kolega yang tepercaya untuk meninjau kata pengantar kita

Orang lain mungkin lebih bisa menemukan kesalahan kita daripada diri kita sendiri sebab tahu apa yang ingin kita katakan.

Sepasang mata kedua bisa membantu kita mengidentifikasi bagian-bagian yang perlu kerja ekstra. Beri tahu orang yang kita mintai tolong tersebut untuk menulis tanggapan mereka pada kata pengantar kita sehingga kita bisa kembali dan melakukan koreksi.

  1. Merevisi kata pengantar kita sesuai dengan umpan balik

Gunakan umpan balik kita sendiri dan orang yang kita minta untuk mengulas tulisan kita. Tulis ulang bagian-bagian yang memerlukann bantuan, serta kalimat atau frasa run-on sentences.  Apabila memungkinkan, gantikan pilihan kata yang lebih baik. Terakhir, perbaiki kesalahan ejaan dan tata bahasa.

  1. Baca ulang kata pengantar kita

Perhatikan dan perbaiki kesalahan ketik dalam penulisan. Perhatikan kata-kata yang dieja dengan benar tapi digunakan secara tidak benar. Selain itu, perbaiki pula masalah tata bahasa dan ejaan apa pun.

Kita juga dapat meminta orang lain mengoreksi kata pengantar kita, karena mereka akan bisa menemukan kesalahan pengetikan dan kesalahan yang lebih baik. Seringkali lebih sulit untuk mendeteksi kesalahan kita sendiri.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh kalimat kata pengantar dalam makalah, proposal, laporan penelitian, skripsi, karya ilmiah dan cara menuliskannya yang baik dan benar. Semoga bisa berguna ya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.